tag
Sepakbola
Korea Selatan 0-1 Belgia

Belgia Tantang AS di Fase Gugur

Jumat, 27 Juni 2014 05:17 WIB
Belgia raih poin sempurna usai menaklukkan Korea Selatan 1-0, meski bermain dengan 10 pemain.
  • Belgia Tantang AS di Fase Gugur
    GETTY IMAGES

    Belgia sukses melaju dari penyisihan grup dan menantang AS di fase 16 besar Piala Dunia Brasil 2014.

Belgia berhasil menuntaskan penyisihan Grup H Piala Dunia Brasil 2014 dengan nilai sempurna usai mengalahkan Korea Selatan 1-0, Jumat (27/06/14) dini hari WIB. Wakil Eropa itu ditemani Aljazair yang secara mengejutkan juga lolos ke 16 besar.

Belgia menyapu bersih kemenangan di penyisihan Grup H usai mengalahkan Korea Selatan 1-0 di laga terakhir, meski Belgia bermain dengan 10 orang sejak babak pertama usai salah seorang pemainnya diganjar kartu merah. Belgia akan bertemu AS yang menjadi runner-up Grup G, pada babak penyisihan

Korea Selatan sempat menguasai permainan di awal-awal laga sebelum Belgia mampu menemukan ritme gaya mereka.

Ada tiga momen penting di babak pertama, peluang Belgia melalui Dries Mertens,aksi Ki Sung Young dan penyelamatan Thibaut Courtois, serta kartu merah yang diterima Steven Defour di penghujung babak pertama akibat aksinya menginjak Shin Wook.

Begitu peluit babak pertama dibunyikan, kedua tim masih saling menjajaki kekuatan di tengah lapangan. Korea menguasai permainan dengan umpan-umpan pendeknya.

Belgia mulai gencar melakukakan tekanan, tapi Korsel mampu keluar dari tekanan dan menyerang melalui aksi Ki Sung Young pada menit ke-29 dengan melepaskan tendangan tepat ke arah gawang. Tapi kesigapan Courtois mampu menghalaunya.

Memasuki lima menit terakhir paruh pertama. Kedudukan masih kacamata.Namun, petaka bagi Belgia di menit ke-44 setelah Steven Defour menerima kartu merah dari wasit setelah melakukan pelanggaran keras. Ia Dengan sengaja dia menginjak kaki Shin Wook. Belgia harus bermain dengan sepuluh orang pemain di babak kedua.

Di babak kedua, Korsel mencoba memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dengan terus mengepung pertahanan Belgia. Beberapa kali Courtois harus jatuh bangun mempertahankan gawangnya dari serangan pemain Korsel.

Dua perubahan dilakukan Belgia di menit ke-60 dengan memberi kesempatan pada Nacer Chadli yang menggantikan Adnan Januzaj dan Divock Origi yang masuk menggantikan Dries Mertens. Wilmots berharap ada pengaruh dengan pergantian ini.

Pergantian pemain juga dilakukan Korsel untuk membuka kemungkinan mereka memecah kebuntuan di menit ke-66. Kim Bo-Kyung masuk menggantikan posisi Kim Shin-Wook 

Kembali, Belgia mengancam gawang Korsel. Namun sepakan keras pemain pengganti Nacer Chadli berhasil dihalau lini belakang Korsel.

Akhirnya, tepat di menit ke-77, Belgia berhasil memecah kebuntuan lewat gol Jan Vertonghen memanfaatkan bola rebound hasil tembakan pemain pengganti Divock Origi, 1-0 untuk Belgia.

Bagi Korea, gol tersebut semakin memberatkan langkah mereka untuk lolos ke babak 16 besar, bahkan hampir mustahil mengingat partai lain Grup H antara Aljazair Vs Rusia sementara imbang 1-1. 

Tidak puas unggul dengan satu gol, Wilmots akhirnya menurunkan Eden Hazard menggantikan Mirallas di menit ke-88.Begitu masuk lapangan, Hazard langsung menggebrak dengan melepaskan tendangan keras dari jarak dekat ke sisi kanan gawang Korsel.

Tapi Korsel masih terus berusaha menekan melalui umpan-umpan silang di sisa waktu yang ada, tapi pertahanan Belgia masih terlalu kokoh.

Hingga akhir babak kedua, skor tidak berubah untuk kemenangan Belgia. Hasil tersebut, membuat raihan poin Belgia sempurna selama babak penyisihan Grup PD 2014.

Kekalahan Korsel dari Belgia membuat satu-satunya wakil Asia ini gagal menembus fase knock-out.

Data Pertandingan

Korea Selatan 0-1 Belgia

Arena Corinthians, Sao Paulo

Pencetak gol: Jan Vertonghen (77)
  
Kartu Kuning: Jeong Ho Hong, Mousa Dembele

Kartu Merah: Steven Defour
  
Wasit: Benjamin Williams (Australia)

 

Susunan Pemain

Korea Selatan: 21-Kim Seung Gyu; 3-Yun Suk Young, 5-Kim Young Gwon, 12-Lee Yong, 20-Hong Jeong Ho; 9-Son Heung Min (19-Ji Dong Won 73), 13-Koo Ja Cheol, 14-Han Kook Young (11-Keun Ho Lee 46), 16-Ki Sung Yeung, 17-Lee Chung Yong; 18-Kim Shin Wook (7-Kim Bo Kyung 66)

Pelatih: Myung-Bo Hong 

Belgia: 1-Thibaut Courtois;5-Jan Vertonghen, 15-Daniel van Buyten, 18-Nicolas Lombaerts, 21-Anthony Vanden Borre; 8-Marouane Fellaini, 16-Steven Defour, 19-Mousa Dembele; 11-Kevin Mirallas (10-Eden Hazard 88), 14-Dries Mertens (17-Divock Origi 60), 20-Adnan Januzaj (22-Nacer Chadli 60)
 
Pelatih: Marc Wilmots  

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Zaenudin Firdaus
Editor : Irfan Fikri

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Belgia #Korea Selatan
  • comment
Artikel Terkait
Komentar