tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Dilema Puasa Bagi Pemain Muslim di Piala Dunia

Jumat, 27 Juni 2014 07:48 WIB
Pemain muslim mengalami dilema saat Piala Dunia 2014 bertepatan dengan bulan Ramadhan.
  • Dilema Puasa Bagi Pemain Muslim di Piala Dunia
    GETTY IMAGES

    Mesut Oezil (Jerman)

  • Dilema Puasa Bagi Pemain Muslim di Piala Dunia
    GETTY IMAGES

    Xherdan Shaqiri (Swiss/kiri) - Karim Benzema (Prancis/tengah) - Mesut Oezil (Jerman)

  • Dilema Puasa Bagi Pemain Muslim di Piala Dunia
  • Dilema Puasa Bagi Pemain Muslim di Piala Dunia
Sejumlah pemain muslim bakal menghadapi situasi sulit menjalankan ibadah puasa saat bermain di laga krusial babak 16 besar Piala Dunia Brasil 2014. Beberapa pemain tetap berpuasa, namun ada juga yang memilih tidak berpuasa demi menjaga kebugaran.

Kondisi berat bakal dialami beberapa pemain yang masih berlaga di Piala Dunia 2014. Pasalnya pesta ajang sepakbola terbesar di dunia ini bersamaan dengan waktu ibadah puasa Ramadhan bagi seluruh kamu muslim di dunia.

Dari seluruh peserta Piala Dunia 2014, sejumlah pemain yang beragama muslim, seperti Mesut Oezil (Jerman), Karim Benzema (Prancis), Xherdan Shaqiri (Swiss), Marouane Fellaini (Belgia) dan beberapa pemain lainnya harus mengalami situasi yang sulit.

Para pemain yang memang mempunyai kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa itu bakal merasa dilema. Pasalnya sangat sulit untuk berpuasa pada saat bermain di laga krusial babak 16 besar Piala Dunia 2014.

Dilansir dari New York Times, timnas Swiss menerapkan ketentuan bagi pemain yang beragama muslim untuk tidak melakukan ibadah puasa hingga Swiss pergi meninggalkan Piala Dunia 2014.

Sepertinya aturan Swiss bakal diikuti pemain muslim asal Jerman keturunan Turki, Mesut Oezil. Playmaker Arsenal itu mengaku secara terbuka jika dirinya tidak akan menjalani ibadah puasa selama Piala Dunia 2014 demi menjaga kebugaran dan tampil maksimal.

"Pada bulan Ramadhan saya tidak akan berpuasa, karena saya harus bekerja maksimal membela timnas Jerman," ujar Oezil.

Namun kabar baik bagi mereka yang memutuskan untuk tetap menjalankan puasa di Piala Dunia karena faktanya Rio de Janeiro memiliki waktu siang hari yang terhitung lebih pendek. Yakni, dari Subuh hingga matahari tenggelam hanya berdurasi 11 jam.

Pemain Muslim yang memilih untuk menjalankan Puasa di Piala Dunia adalah Kolo Toure, yang beberapa waktu lalu mengatakan bahwa dirinya akan tetap berpuasa karena terdapat banyak manfaat yang langsung dia terima saat berpuasa.

"Kita pasti membutuhkan kedisiplinan. Tapi bagi saya, lima hari pertama sulit karena tubuh hanya butuh beradaptasi dan kita akan bahagia," kata Toure dalam pidato yang diberikan tahun lalu dan dikutip oleh Daily Mail.

"Kita membersihkan tubuh dengan baik dan Anda akan merasa lebih kuat di bulan Ramadhan. Karena Ramadhan bisa membuat Anda menjadi lebih kuat, lanjut Toure.

Menanggapi bulan Ramadhan bersamaan dengan Piala Dunia ini, kepala bagian medis FIFA Jiri Dvorak sendiri telah menegaskan jika pemain yang berpuasa tidak akan mengalami penurunan kondisi fisik. Andai pemain itu diberikan asupan gizi yang baik saat sahur dan berbuka puasa.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Abinery Hamzano

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014
  • comment
Artikel Terkait
Komentar