tag
Sepakbola

Ikuti Nasihat Pele, Neymar Tolak Chelsea

Sabtu, 28 Juni 2014 15:00 WIB
Neymar mengikuti advis Pele untuk menolak pinangan Chelsea pada 2010.
  • Ikuti Nasihat Pele, Neymar Tolak Chelsea
    GETTY IMAGES

    Neymar (kiri), Luis Alvaro (kedua dari kiri/Presiden Santos), Geraldo Alckimin (kedua dari kanan/Gubernur Sao Paulo), dan Pele berfoto bersama sebelum laga persahabatan untuk memperingati 100 tahun berdirinya Santos di Stadion Urbano Caldeira, Sao Paulo p

Neymar mengaku menolak Chelsea atas nasihat legenda dan Presiden Santos, Pele. Pernyataan itu diungkapkan pria berusia 22 tahun itu melalui bukunya, Neymar: My Story - Conversation With My Father. Goal memberitakan itu pada Sabtu (28/06/14).

Neymar merasa diyakinkan Pele untuk tetap bermain untuk Santos, meski Chelsea datang dengan pinangan superbesar pada Agustus 2010. 

Kini, Neymar yang telah berpindah ke Barcelona sejak awal musim lalu, menjadi bintang Brasil di Piala Dunia 2014. Dia telah merekam empat gol dalam tiga pertandingan.

Barcelona mendatangkan Neymar dengan banderol 57 juta euro atau sekitar Rp870,55 miliar (kurs Rp16.425), meski sejak kedatangannya sejumlah masalah legal mendera. 

Daily Mail mempublikasikan ekstrak pada halaman muka buku Neymar itu pada Jumat (27/06/14). "Saat itu 23 Agustus 2010. Ayah dan saya sedang melakukan rapat dengan Presiden Luis Alvaro di markas Santos, di dalam Vila Belmiro," tulis Neymar dalam bukunya. 

"Chelsea telah menawarkan dana transfer sangat besar. Pada pertengahan diskusi, presiden mematikan lampu dan menunjuk sebuah kursi kosong. 

"Kursi itu adalah milik pahlawan olahraga nasional. Sejak kematian Ayrton Senna, kursi itu dibiarkan kosong. Kalau Neymar Junior tetap berada di Santos dan menolak proposal Chelsea, dia akan diberi kesempatan pertama menduduki kursi itu.

"Hal itu membuat kami berpikir. Keputusan itu akan mengubah seluruh jalan hidup saja. Bahkan Pele sampai menelepon saya. Dapatkan Anda membayangkan sepenting apa saya? Sampai-sampai Raja Sepakbola menelepon saya dan meminta saya tetap tinggal.

"Dia (Pele) mengingatkan saya tentang seluruh karier saya bersama Santos, gelar lima juara dunia dia bersama timnas (Brasil) dan klub, dan segala penghargaan yang dia terima. Tak mudah bagi saya untuk membuat keputusan yang tepat. Kami telah melakukan hal yang tepat untuk seluruh keluarga, kolega, dan karier saya," begitulah rangkuman kata pengantar dalam buku Neymar.

Sembilan gol dalam 26 partai bersama Barcelona telah ditorehkan Neymar dan membawa klub Catalan itu menempati papan kedua La Liga musim lalu, di bawha sang kampiun, Atletico Madrid. Itu pun dipastikan pada laga terakhir di Camp Nou, ketika Barca ditahan Atletico 1-1. Masa depan Neymar memang di Catalan, bukan di London barat, minimal untuk 2-3 tahun ke depan.


Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Neymar #Barcelona #Santos
  • comment
Artikel Terkait
Komentar