tag
Sepakbola

Pembelaan Luis Suarez

Sabtu, 28 Juni 2014 21:40 WIB
Ketidakseimbangan tubuh menjadi faktor utama Luis Suarez menghantam pundak Giorgio Chiellini.
  • Pembelaan Luis Suarez
    Zimbio

    Luis Suarez menyangkal dengan sengaja menggigit pundak Giorgio Chiellini.

  • Pembelaan Luis Suarez
    Zimbio
  • Pembelaan Luis Suarez
  • Pembelaan Luis Suarez
Sabtu (28/06/14), striker milik Liverpool, Luis Suarez akhirnya mengirimkan pembelaan dirinya terkait insiden yang melibatkan dirinya dan Giorgio Chiellini.

Luis Suarez telah mengajukan pembelaan kepada komisi disiplin FIFA, bahwa ia tidak sengaja menggigit Giorgio Chiellini dan mengatakan bahwa ia kehilangan keseimbangan dan secara tak sengaja wajahnya membentur pundak bek Juventus itu.

Striker Uruguay itu menulis dalam pembelaan yang kirimkan kepada FIFA " sama sekali tidak menyangka bagaimana hal itu bisa terjadi sebagaimana anda telah menjelaskannya, sebagai sebuah gigitan atau berniat untuk menggigit."

Suarez menambahkan:" setelah berbenturan..saya kehilangan keseimbangan, membuat tubuh saya tidak stabil dan jatuh di atas pundak lawan saya."

"Pada saat itu, muka saya terbentur dengan pemain lain sehingga meninggalkan memar kecil di pipi saya dan rasa sakit yang luar biasa di gigi saya."

Bagaimanapun, tujuh orang panelis FIFA menulis bahwa gigitan itu "sengaja, disengaja dan tanpa provokasi."

Suarez dijatuhi hukuman tidak boleh mengikuti sembilan pertandingan untuk timnas Uruguay dan menjauhi dari segala macam kegiatan yang berhubungan dengan sepakbola selama empat bulan.

Anggota panel sendiri diketuai mantan pemain asal Swiss Claudio Sulser dan memiliki anggota dari Kepulauan Cook, Hong Kong, Pakistan, Panama, Afrika Selatan dan Singapura.

Keputusan itu menegaskan keputusan wasit Marco Rodriguez yang dalam laporan pertandingannya menyatakan bahwa ia tidak melihat Suarez menggigit Chiellini, begitupun dengan kedua asisten wasit dan wasit keempat.

"Saya tidak melihat insiden itu karena bola sedang berada di wilayah lain lapangan," tulis Rodriguez dalam laporan kesaksian setebal 11 halaman.

Dukungan untuk El Pistolero terus berdatangan. Pelatih Uruguay, Oscar Tabarez, telah menuduh FIFA membuat Suárez kambing hitam. Sementara Maradona menyamakan hukuman Suarez seperti mengirimnya ke 'Guantanamo', dan Kenny Dalglish  telah menyerukan Liverpool untuk membantu Suarez untuk mengendalikan emosinya.   

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Raditya Adi Nugraha

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Liverpool #Uruguay #Luis Suarez #Diego Maradona
  • comment
Artikel Terkait
Komentar