tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Aljazair Wajib Puasa, Prancis Beri Kebebasan

Minggu, 29 Juni 2014 01:12 WIB
Aljazair mewajibkan seluruh anggota tim yang beragama Islam berpuasa.
  • Aljazair Wajib Puasa, Prancis Beri Kebebasan
    GRAFIS : M Yogi Arham/INDOSPORT
  • Aljazair Wajib Puasa, Prancis Beri Kebebasan
    GETTY IMAGES

    Pemain Aljazair wajib menjalankan puasa pada Piala Dunia 2014.

  • Aljazair Wajib Puasa, Prancis Beri Kebebasan
  • Aljazair Wajib Puasa, Prancis Beri Kebebasan
Minggu (29/06/14), umat Islam di seluruh dunia mulai menjalankan ibadah puasa. Tak terkecuali para pemain yang berlaga di Piala Dunia 2014. Masing-masing tim memiliki kebijakan.

Bulan suci Ramadan sudah tiba. Untuk pertama kali sejak 1986, Ramadan jatuh bertepatan dengan ajang Piala Dunia. Kali ini puasa bersamaan dengan berlangsungnya babak 16 besar Piala Dunia 2014. Tak sedikit pemain muslim yang masih harus berlaga di Brasil 2014. 

Bagi pemain, tak mudah menjalankan ibadah puasa, terutama dalam menahan haus dan lapar di saat mereka membutuhkan tenaga untuk bertanding. Tak heran jika perbincangan soal puasa selalu menjadi topik menarik.

Di babak 16 besar Piala Dunia 2014, tidak sedikit negara peserta yang diisi pemain Muslim seperti Aljazair, Belgia, Swiss, Nigeria, Jerman, dan Prancis. 

FIFA sendiri membebaskan kepada pemain untuk memilih apakan tetap menjalankan puasa atau tidak. "Jika Ramadan disiasati dengan benar, pemain akan mudah beradaptasi," ujar Michel D'Hooghe, ketua Komite Medis FIFA.

Lalu bagaimana kebijakan tim yang memiliki pemain Muslim? Aljazair sebagai negara Islam mewajibkan seluruh anggota tim untuk berpuasa, baik saat latihan maupun berlaga.

Lawan Aljazair di 16 besar, Jerman memilih memberi kebebasan kepada pamain yang beragama Islam untuk memilih berpuasa atau sebaliknya.

Berbeda dengan Aljazair, Swiss sejak awal tidak memperbolehkan pemain berpuasa hingga tak lagi bertarung di Piala Dunia 2014. 

Sedangkan Belgia, Nigeria, dan Prancis memilih langkah yang sama dengan Jerman, memberi kebebasan kepada pemain. "Saya tak dapat berbuat apapun selain menghormati keputusan pemain," ujar Didier Deschamps, arsitek Prancis.

"Saya yakin pemain Muslim yang tetap berpuasa bisa beradaptasi dengan baik," Deschamps menambahkan.

Terkait dengan kebebasan pemain, salah satu contoh pemain yang sejak awal memutuskan untuk tak berpuasa adalah Mesut Oezil. "Saya tak akan menjalankan puasa karena sedang bekerja," ujar Oezil.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Yusuf Abdillah

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014
  • comment
Artikel Terkait
Komentar