tag
Sepakbola
Kolombia 2-0 Uruguay

Rodriguez Hancurkan Uruguay

Minggu, 29 Juni 2014 05:09 WIB
James Rodriguez borong gol kemenangan 2-0 Kolombia atas Uruguay di babak 16 besar Piala Dunia 2014.
  • Rodriguez Hancurkan Uruguay
    FIFA

    James Rodriguez memborong gol Kolombia saat melibas Uruguay 2-0 di babak 16 besar Piala Dunia 2014.

James Rodriguez menjadi momok menakutkan bagi pertahanan Uruguay usai memborong dua gol kemenangan Kolombia atas Uruguay dalam laga 16 besar Piala Dunia Brasil 2014 di Stadion Maracana, Rio De Janeiro, Minggu (29/06/14).

Sebelum laga, Kolombia dan Uruguay baru satu kali berjumpa di ajang Piala Dunia, yaitu di babak penyisihan grup edisi 1962, dengan La Celeste, julukan Uruguay, keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1. Bagi Kolombia, pertemuan tersebut menjadi satu-satunya laga kontra sesama wakil Amerika Selatan itu di Piala Dunia sebelum ini.

Laga tanpa penyerang Uruguay, Luis Suarez karena sanksi FIFA itu berjalan cepat sejak menit pertama. Kolombia langsung melancarkan serangan cepat untuk membongkar pertahanan Uruguay melalui pergerakan Juan Cuadrado di sisi kanan pertahanan Uruguay. Umpan-umpan pendek merapat yang dibarengi kecepatan pemain Kolombia, membuat Uruguay keteteran. Namun, rapatnya lini belakang Uruguay masih bisa menahan serangan Kolombia.

Meski mendapat tekanan, bukan berarti Uruguay tak melawan. Uruguay beberapa kali mengancam pertahanan Kolombia lewat Diego Forlan dan Edinson Cavani. Tapi usaha Uruguay selalu mentah ketika mendekati gawang Kolombia yang dijaga David Ospina.

Uruguay terlihat tumpul di depan, tidak adanya Suarez lini pertahanan Kolombia yang dikawal Mario Yepes dan Pablo Armero mudah menghentikan laju serangan. Saat coba memburu gol, gawang Uruguay justru bobol terlebih dahulu lewat tendangan voli keras James Rodriguez dari luar kotak penalti. Bola yang melaju keras tidak bisa dihalau oleh Fernando Muslera di bawah mistar Uruguay, 1-0 untuk Kolombia.

Kolombia terus mencoba mencari gol tambahan menyerang. Mereka berusaha menjauhkan skor dari kejaran Uruguay yang sepertinya benar-benar belum maksimal tanpa Suarez. Hingga menjelang paruh pertama berakhir, Kolombia terus menekan pertahanan Uruguay yang tertinggal 1-0.

Babak kedua, Uruguay menekan dan memiliki peluang. Namun saat babak kedua baru berjalan lima menit, kembali James Rodriguez mencatatkan namanya di papan skor lewat gol sundulan setelah memanfaatkan umpan dari Cuadrado. Dengan tambahan dua gol ini, James Rodriguez kini ada di puncak daftar pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2014 dengan lima gol.

Memasuki sepuluh menit terakhir, hampir seluruh pemain Kolombia memilih berada di daerah pertahanan mereka. Usaha Kolombia mempertahankan keunggulan berhasil hingga peluit panjang dibunyikan. Kolombia melaju ke babak delapan besar Piala Dunia 2014 dan akan menantang Brasil yang sudah terlebih dahulu lolos setelah mengalahkan Chile lewat adu penalti.   

   

Data Pertandingan

Kolombia 2 - 0 Uruguay

Stadion Maracana, Rio De Janeiro

Pencetak gol: James Rodriguez (28, 50)
Kartu Kuning: Jose Gimenez, Diego Lugano, Pablo Armero  
Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda)

Susunan Pemain

Kolombia: 1-David Ospina; 2-Cristian Zapata, 3-Mario Yepes, 7 -Pablo Armero, 18-Juan Zuniga; 6-Carlos Sanchez, 8-Abel Aguilar, 10-James Rodriguez (19-Adrian Ramos 85), 11-Juan Cuadrado (13-Fredy Guarin 81), 21-Jackson Martinez; 9-Teofilo Gutierrez (15-Alexander Mejia 68) 

Pelatih:Jose Pakerman   

Uruguay:1-Fernando Muslera; 3-Diego Godin, 6-Alvaro Pereira (18-Gaston Ramirez 53), 13-Jose Gimenez, 16-Maxi Pereira, 22-Martin Caceres; 7-Cristian Rodriguez, 17-Egidio Arevalo Rios, 20-Alvaro Gonzalez (8-Abel Hernandez 67); 10-Diego Forlan (11-Christian Stuani 53), 21-Edinson Cavani
 
Pelatih: Oscar Tabarez 

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Zaenudin Firdaus
Editor : Yusuf Abdillah

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Kolombia #Uruguay
  • comment
Artikel Terkait
Komentar