tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Serie A Rahasia Sukses Kolombia

Minggu, 29 Juni 2014 09:32 WIB
Tujuh pemain Kolombia di Piala Dunia Brasil 2014 bermain untuk klub Serie A Italia.
  • Serie A Rahasia Sukses Kolombia
    GETTY IMAGES

    Juan Cuadrado (tengah/Kolombia)

Gelandang sayap Juan Cuadrado mengatakan keberhasilan Kolombia di Piala Dunia Brasil 2014 tidak lepas karena banyaknya pemain yang memperkuat klub Serie A Italia, Minggu (29/06/14).

Kolombia awalnya diperkirakan tidak bisa berbuat banyak di Piala Dunia Brasil 2014, setelah Radamel Falcao dicoret dari skuad karena cedera. Namun Los Cafeteros kini telah menembus babak perempatfinal usai menyingkirkan Uruguay 2-0 pada babak 16 besar di Stadion Maracana.

Sejauh ini James Rodriguez memang menjadi bintang Kolombia di Piala Dunia Brasil 2014. Pemain AS Monaco itu telah mencetak empat gol di Brasil, tapi untuk urusan menjaga pertahanan Juan Cuadrado menilai bahwa kompetisi Serie A telah membantu Kolombia di Piala Dunia Brasil 2014.

Sejauh ini dari empat pertandingan yang dimainkan, gawang Kolombia baru kemasukan dua gol. Angka itu cukup bagus untuk tim sekelas Kolombia. Puncaknya saat melawan Uruguay, Edinson Cavani dan kawan-kawan tidak bisa menempus kuartet dari Mario Yepes, Cristian Zapata, Camilo Zuniga, dan Pablo Armero. Di mana keempat bek tersebut bermain untuk klub Serie A.

Yepes telah berada di Italia selama enam tahun. Kapten Kolombia itu pernah bermain untuk Chievo, AC Milan, dan kini memperkuat Atalanta. Sementara Zapata bek tengah andalan Milan, sedankan Zuniga memperkua Napoli sejak 2010, dan Armero pemain Udinese yang dipinjamkan ke Napoli pada musim lalu.

"Serie A adalah salah satu liga yang paling sulit di dunia. Sehingga memiliki pemain yang bermain di Italia seperti Yepes, Zuniga dan Armero membantu Kolombia menjadi lebih kuat, karena kami lebih terorganisir dalam pertahanan sekarang. Anda bisa melihat pengaruh di lapangan," ungkap Cuadrado kepada Sky Sport Italia.

Cuadrado sendiri juga bermain di Serie A bersama Fiorentina. Dia datang ke Italia pada 2009 ketika Udinese mendatangkannya dari Independiente Medellin. Selain itu juga ada Fredy Guarin (Internazionale Milan) dan Victor Ibarbo (Cagliari). Pemain muda Juan Pablo Quintero juga pernah dipinjamkan ke Pescara pada musim 2012-2013.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Abinery Hamzano

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Kolombia
  • comment
Artikel Terkait
Komentar