tag
Sepakbola
Kosta Rika 1-1 (5-3) Yunani

Kosta Rika Tantang Belanda di Perempatfinal

Senin, 30 Juni 2014 06:02 WIB
Kostarika tembus ke perempatfinal usai menekuk Yunani lewat drama adu penalti.
  • Kosta Rika Tantang Belanda di Perempatfinal
    FIFA
  • Kosta Rika Tantang Belanda di Perempatfinal
    GETTY IMAGES
  • Kosta Rika Tantang Belanda di Perempatfinal
  • Kosta Rika Tantang Belanda di Perempatfinal
Kosta Rika menoreh sejarah baru pada Piala Dunia kali ini. Mereka berhasil lolos ke perempatfinal usai menaklukkan Yunani lewat drama adu penalti. Theofanis Gekas, penyerang Yunani, menjadi satu-satunya pemain yang gagal dalam adu penalti, Senin (30/06/14).

Kosta Rika menang 5-3 atas Yunani dalam drama adu penalti di Arena Pernambuco, Recife, Senin (30/6/14) dini hari. Atas hasil ini Kosta Rika bakal bertemu Belanda di perempatfinal.

Sepanjang waktu normal, Kosta Rika dan Yunani bermain imbang 1-1. Kosta Rika mencetak gol ke gawang Yunani pada menit ke-53. Berawal dari umpan silang mendatar Bolanos dari sisi kanan pertahanan Yunani.

Bola langsung disambar oleh Bryan Ruiz. Bola mendatar hasil sepakan kaki kirinya membuat kiper Yunani, Karnezis terpana. Kosta Rika pun unggul 1-0.

Akan tetapi, saat laga memasuki injury time, Yunani bisa menyamakan kedudukan. Tembakan Sokratis Papastathopoulos membuat skor berubah menjadi 1-1. Laga pun dilanjutkan ke extra time.

Gol Sokratis ini tercipta ketika Kosta Rika sudah bermain dengan hanya 10 pemain setelah Duarte diusir dari lapangan pada menit 66 setelah melanggar Cholevas.

Sepanjang waktu tambahan, Yunani terus menggempur gawang Kosta Rika. Menit ke-100, Yunani mendapat peluang emas.  Katsouranis menyepak bola dari jarak dekat. Tapi tendangannya masih bisa diblok pemain belakang Kosta Rika.

Kosta Rika sempat membalas serangan. Brenes melepaskan umpan silang dari sisi kiri pertahanan Yunani. Bola mendatar mengarah kepada Campbell. Namun pemain Yunani lebih cepat menghalau bola. Babak tambahan pertama berakhir dengan skor 1-1.

Pada awal babak tambahan kedua, bek Kosta Rika melakukan tendangan salto di kotak penalti Yunani. Namun akurasi sepakannya tidak menemui sasaran.

Tiga menit kemudian, berawal dari serangan balik, Yunani nyaris unggul. Christodoulopoulos melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti Kosta Rika. Navas menjadi pahlawan untuk negaranya setelah menepis tendangan Christodoulopoulos.

Pemain kedua kesebelasan tampak sudah kelelahan. Alhasil tak ada gol tercipta di babak tambahan kedua. Pertandingan berlanjut ke adu penalti.

Dalam drama adu penalti, Kosta Rika menang dengan skor 5-3 atas Yunani, setelah pemain Yunani Theofanis Gekas, gagal mengeksekusi bol. Kosta Rika pun lolos ke babak delapan besar dan akan menantang Belanda di Arena Fonte Nova, Salvador, 6 Juli 2014 nanti.

Kosta Rika 1-1 (5-3) Yunani

Pencetak gol:  Bryan Ruiz (menit 52) Sokratis Papastathopoulos (menit 90). Dalam adu penalti Kosta Rika unggul 5-3.

Stadion: Itaipava Arena, Pernambuco Recife.

Wasit: Williams 

Susunan Pemain: 

Kosta Rika: Navas, Gonzalez, Umana, Borges, Duarte, Bolanos (Randall Brenes '83), Campbell, Ruiz, Diaz, Gamboa (Johnny Acosta '76), Tejeda (Jose Cubero '65)


Yunani: Karnezis, Maniatis (Kostas Katsouranis '77), Manolas, Samaras, Karagounis, Salpingidis (Theofanis Gekas '69), Torosidis, Lazaros, Sokratis, Cholevas, Samaris (Kostas Mitroglou '57)

 

 

 

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Irfan Fikri

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014
  • comment
Artikel Terkait
Komentar