tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Mengaku Diving, Robben Bebas dari Sanksi FIFA

Senin, 30 Juni 2014 23:59 WIB
FIFA menilai aksi diving Arjen Robben adalah pelanggaran ringan.
  • Mengaku Diving, Robben Bebas dari Sanksi FIFA
    GETTY IMAGES

    Arjen Robben (Belanda).

  • Mengaku Diving, Robben Bebas dari Sanksi FIFA
    GETTY IMAGES
  • Mengaku Diving, Robben Bebas dari Sanksi FIFA
  • Mengaku Diving, Robben Bebas dari Sanksi FIFA
Pemain Belanda, Arjen Robben mengaku melakukan diving pada laga 16 besar melawan Meksiko. Namun Komisi Disiplin (Komdis) FIFA memutuskan tak menjatuhkan hukuman kepada Robben, Senin (30/06/14).

Meski mengaku melakukan diving pada laga melawan Meksiko, andalan Belanda, Arjen Robben membantah melakukan diving ketika Belanda mendapatkan penalti pada laga melawan Meksiko. Penalti yang membawa Belanda menyingkirkan Meksiko.

Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) ikut turun tangan terkait pengakuan sang bintang. Menurut KNVB, media sudah salah mengartikan pernyataan pemain Bayern Muenchen tersebut. 

"Dia (Robben) menyatakan wasit telah membuat keputusan tepat memberikan penalti pada babak kedua. Namun, dalam wawancara yang sama, Robben menyebut dua situasi yang terjadi di babak pertama. Robben menyatakan dalam insiden tersebut, dia dinilai terlalu mudah jatuh," demikian pernyataan KNVB.

Sejatinya, Robben terancam mendapatkan hukuman karena sudah mencederai semangat fair play. Namun, FIFA akhirnya memutuskan tak menindak Robben.

Juru bicara FIFA, Delia Fischer menyatakan Komids FIFA hanya menjatuhkan sanksi terhadap pelanggaran serius. Sedangkan diving masuk dalam pelanggaran ringan.

"Wasit memiliki wewenang memimpin pertandingan. Wasit telah dilatih untuk mengidentifikasi pemain yang melakukan diving dan akan mengeluarkan kartu kuning untuk pemain yang bertingkah demikian," kata Fischer.

Keputusan FIFA yang membebaskan Robben dari hukuman tentu bertentangan dengan pernyataan presiden FIFA, Sepp Blatter. Pada Februari 2014 lalu, Blatter meminta adanya hukuman untuk pemain yang melakukan diving, pura-pura cedera, dan membuang-buang waktu.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Yusuf Abdillah

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #FIFA #Arjen Robben
  • comment
Artikel Terkait
Komentar