tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Van Gaal Beberkan Rahasia Kebangkitan Belanda

Senin, 30 Juni 2014 02:22 WIB
Louis van Gaal bangga atas daya juang pasukannya.
  • Van Gaal Beberkan Rahasia Kebangkitan Belanda
    GETTY IMAGES

    Louis van Gaal, pelatih Belanda.

  • Van Gaal Beberkan Rahasia Kebangkitan Belanda
    GETTY IMAGES

    Tim Belanda saat jeda minum pada laga lawan Meksiko, Senin (30/06/14) WIB.

  • Van Gaal Beberkan Rahasia Kebangkitan Belanda
  • Van Gaal Beberkan Rahasia Kebangkitan Belanda
Belanda secara spektakuler cetak dua gol di ujung laga setelah tertinggal 0-1 saat singkirkan Meksiko, Senin (30/06/14) WIB. Louis van Gaal mengungkap rahasia bangkitnya Belanda.

Hingga menit ke-87, Belanda tertinggal 0-1 dari Meksiko. Gol Meksiko lahir di awal babak kedua lewat Giovani dos Santos. Namun, pada menit-88 Belanda menyamakan kedudukan lewat sepakan keras Wesley Sneijder.

Belanda kemudian membalikkan keadaan ketika Klaas-Jan Huntelaar sukses menjadi algojo penalti di akhir-akhir laga. Belanda lolos dari maut berkat dua gol di ujung pertandingan.

Usai duel, arsitek Belanda, Louis van Gaal membeberkan rahasia kebangkitan pasukannya. Van Gaal menyebut masa jeda minum atau water/cooling break menjadi kunci kemenangan timnya.  

Seperti diketahui, sebelum laga berlangsung, Van Gaal memohon FIFA untuk mengadakan cooling break pada laga 16 besar melawan Meksiko. Permintaan dikabulkan. Laga Belanda kontra Meksiko menjadi laga 16 besar pertama yang ada cooling break.

Van Gaal mengaku break membantu Belanda untuk keluar dari tekanan dan berhasil bangkit. "Ya, saya menggunakan break. karena saya harus mengubah formasi dari 4-3-3 dan setelah itu kami bisa membuat lebih banyak peluang."

"Kemudian saya beralih ke Plan B dan benar saya melakukannya saat cooling break. Saya melakukan itu pada saat break karena itu adalah langkah yang cerdas untuk mengambil manfaat dari break," papar Van Gaal.

Sang arsitek juga tak lupa memuji perjuangan Arjen Robben dkk. "Pemain menunjukkan keyakinan hingga akhir pertandingan."

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Yusuf Abdillah

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Louis van Gaal
  • comment
Artikel Terkait
Komentar