tag
Sepakbola
Preview Belgia Vs Amerika Serikat

Adu Potensi Besar

Selasa, 01 Juli 2014 09:32 WIB
Belgia lebih diunggulkan ketimbang AS melaju ke perempatfinal Piala Dunia 2014.
  • Adu Potensi Besar
    GETTY IMAGES

    Eden Hazad (Belgia)

  • Adu Potensi Besar
    Yuhariyanto/INDOSPORT
  • Adu Potensi Besar
  • Adu Potensi Besar
Belgia lebih diunggulkan meraih kemenangan saat menghadapi Amerika Serikat dalam babak 16 Besar Piala Dunia Brasil 2014 di Itaipava Arena Fonte Nova, Salvador, Bahia pada Rabu (02/07/14) dini hari WIB. Belgia dan AS diyakini bakal sama menampilkan segenap kemampuan terbaik untuk merebut tiket delapan besar.

Skuad emas Belgia yang berisikan talenta muda merupakan salah satu dari enam negara yang tidak pernah mengalami kekalahan di penyisihan grup PD 2014. Rode Duivels, julukan Belgia, juga bergabung dengan tiga kontestan lain yang gawangnya tetap perawan selama putaran pertama.

Dari lima pertemuan terakhir dengan AS, Belgia berhasil menang empat kali. Kemenangan terakhir berakhir dengan skor 4-2 pada laga uji coba di bulan Mei 2014. Bersama Marc Wilmots, Belgia menjelma menjadi tim yang berpotensi menakjubkan dengan banyak talenta muda. Mereka melaju ke putaran final PD 2014 sebagai Juara Grup A Pra-PD 2014 Zona Eropa dengan rekor tidak terkalahkan. Belgia sukses melampaui menyingkirkan raihan tim kuat seperti Kroasia dan Bosnia-Herzegovina. Dari sepuluh pertandingan, Belgia menghimpun 26 poin, mencetak 18 gol, dan hanya kebobolan empat gol.

Rekor kemenangan 100 persen selama penyisihan grup PD 2014, membuat mempertegas tekad Kevin Mirallas. “Kami merasakan lebih senang, bukan malah merasa gugup. Ini kali pertama para pemain ini bermain pada babak 16 besar. Perasaan kami baik-baik saja dan tahu seluruh rakyat (Belgia) berada di belakang kami. Saya berharap kami terus membuat orang bermimpi dan menorehkan sejarah untuk negara kami,” ujar gelandang Everton itu.

Segala fakta dan faktor itu membuat Belgia cukup diunggulkan mampu mengalahkan AS di Salvador. Namun, tim dari Negeri Paman Sam tetap menyimpan potensi besar mengulang prestasi di Piala Dunia Afrika Selatan empat tahun lalu. Saat itu mereka berhasil mencapai perempatfinal.

Jangan lupakan juga, tim asuhan Juergen Klinsmann berhasil menepis banyak keraguan saat mampu lolos dari Grup H. Mereka sukses melibas Ghana dan menahan imbang Portugal hingga akhirnya mendampingi Jerman ke babak 16 besar. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan harus angkat koper setelah kalah agresivitas gol dari AS. 

Klinsmann memberi konfirmasi penyerang Jozy Altidore bisa ambil bagian pada pertanding di Salvador nanti. Striker milik Sunderland itu sanggup mengembalikan kebugaran tubuhnya.

Di satu sisi, Belgia mengalami krisis lini belakang, lantaran Anthony Vanden Borre pasti absen akibat patah pergelangan kaki. Lebih ironis setelah kebugaran Vincent Kompany masih meragukan. Kondisi itu membuat Toby Alderweireld berpotensi masuk susunan starting line-up Belgia, mengingat Thomas Vermaelen juga harus menepi karena masih dibelit cedera.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Zaenudin Firdaus
Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Amerika Serikat #Belgia
  • comment
Artikel Terkait
Komentar