tag
Sepakbola
Prancis 2-0 Nigeria

Ayam Jantan Singkirkan Elang Super

Selasa, 01 Juli 2014 01:17 WIB
Paul Pogba mencetak gol perdana dalam kemenangan Prancis atas Nigeria di babak 16 besar.
  • Ayam Jantan Singkirkan Elang Super
    GETTY IMAGES

    Paul Pogba sumbang satu gol saat Prancis menang 2-0 atas Nigeria, Selasa (01/07/14) WIB.

  • Ayam Jantan Singkirkan Elang Super
    GETTY IMAGES
  • Ayam Jantan Singkirkan Elang Super
    GETTY IMAGES
  • Ayam Jantan Singkirkan Elang Super
  • Ayam Jantan Singkirkan Elang Super
  • Ayam Jantan Singkirkan Elang Super
Gol Paul Pogba di menit ke-79 dan gol bunuh diri Joseph Yobo ujung laga membawa Prancis mengubur mimpi Nigeria dalam pertandingan 16 besar Piala Dunia Brasil 2014 di Stadion Nacional, Senin (01/07/14) dini hari WIB.

Sebelum pertandingan melawan Prancis, Nigeria ingin mengulangi hasil pertemuan pada laga 2009 saat mereka saat meraih kemenangan 1-0 di Saint-Etienne pada Juli 2009. Namun, sejak babak pertama dimulai, Prancis lebih menguasai jalannya pertandingan. Namun pasukan Didier Deschamps masih kesulitan menembus pertahanan rapat Elang Super Nigeria. Bahkan, hingga pertandingan berjalan 22 menit, Prancis benar-benar kesulitan untuk mengembangkan permainan akibat pressing ketat yang diterapkan Nigeria.

Prancis beruntung memiliki pemain sekelas Paul Pogba, tembakan jarak jauh bintang Juventus itu sempat membahayakan gawang Nigeria di menit ke-28. Tapi bola sepakan Pogba berhenti di kaki Karim Benzema, namun penyerang Real Madrid itu gagal memanfaatkan peluang karena kawalan ketat dari Joseph Yobo.

Perlahan, kedua tim mulai bermain terbuka sepanjang sisa paruh babak pertama. Namun gol masih belum juga terjadi. Nigeria sempat mencetak gol namun wasit Mark Geiger membatalkannya karena Emmanuel Emenike dalam posisi offside.

Memasuki menit ke-43 sebuah umpan terobosan Blaise Matuidi kepada Benzema hampir membuka skor Prancis andai Efe Ambrose tidak sigap dalam mengawal pertahanan Nigeria. Hingga wasit akhiri babak pertama, kedudukan tidak berubah untuk kedua tim, skor tetap kacamata.

Selepas turun minum, kedua tim tetap tidak mengendurkan serangan. Prancis langsung menekan lewat Benzema dan Mathieu Valbuena, begitupun dengan Nigeria. Wakil Afrika itu merespons lewat serangan bertubi. Emineke hampir membobol gawang Prancis di menit ke-52 andai dia tidak mendapat tekanan dari Yohan Cabaye.    

Mengandalkan pressing ketat, Nigeria mampu berganti mendikte permainan Prancis. Puncaknya, Peter Odemwingie berhasil melepaskan tembakan kaki kiri, tapi Hugo Lloris dengan sigap menepis bola.

Keasikan menyerang, Nigeria hampir kebobolan lewat aksi Benzema di menit ke-69. Memanfaatkan umpan satu-dua dengan Antoine Griezmann, Benzema lepas dan tinggal berhadapan dengan Enyeama, namun bola sepakannya berhasil ditepis sempurna Enyeama.

Prancis memecah kebuntuan lewat gol yang dicetak Paul Pogba di menit ke-79. Pogba menanduk bola ke dalam gawang Nigeria memanfaatkan umpan sepak pojok Valbuena. Gol tersebut merupakan gol pertama Pogba di pentas Brasil 2014.

Di ujung laga, Prancis memastikan kemenangan dengan membuat gol kedua. Aksi Griezmann berujung gol bunuh diri Yobo. Dengan dua gol tersebut, Les Blues memesan satu tempat di babak perempatfinal.         

Data Pertandingan

Prancis 2-0 Nigeria

Stadion Nacional, Brasilia

Pencetak gol: Paul Pogba (79), Joseph Yobo (90+1-bd)

Kartu Kuning: Blaise Matuidi 
Wasit: Mark Geiger (Amerika Serikat)

Susunan Pemain

Prancis: 1-Hugo Lloris; 2-Mathieu Debuchy, 3-Patrice Evra, 4-Raphael Varane, 21-Laurent Koscielny; 6-Yohan Cabaye, 14-Blaise Matuidi, 19-Paul Pogba; 8-Mathieu Valbuena (18-Moussa Sissoko 90+4), 9-Olivier Giroud (11-Antoine Griezmann 62), 10-Karim Benzema 

Pelatih: Didier Deschamps   

Nigeria: 1-Vincent Enyeama; 2-Joseph Yobo, 5-Efe Ambrose, 13-Juwon Oshaniwa, 22-Kenneth Omeruo; 7-Ahmed Musa, 8-Peter Odemwingie, 10-John Obi Mikel, 11-Victor Moses (19-Uche Nwofor 89), 17-Ogenyi Onazi (4-Reuben Gabriel 59); 9-Emmanuel Emenike 
 
Pelatih: Stephen Okechukwu Keshi  

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Zaenudin Firdaus
Editor : Yusuf Abdillah

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Prancis #Nigeria
  • comment
Artikel Terkait
Komentar