tag
Sepakbola
Preview Argentina Vs Swiss

Duel Lionel Messi dan Xherdan Shaqiri

Selasa, 01 Juli 2014 08:24 WIB
Lionel Messi dan Xherdan Shaqiri akan menjadi sorotan utama dalam pertandingan babak 16 besar.
  • Duel Lionel Messi dan Xherdan Shaqiri
    Yuhariyanto/INDOSPORT
  • Duel Lionel Messi dan Xherdan Shaqiri
    Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT/GETTY IMAGES

    Lionel Messi akan beradu kemampuan dengan talenta Swiss, Xherdan Shaqiri.

  • Duel Lionel Messi dan Xherdan Shaqiri
  • Duel Lionel Messi dan Xherdan Shaqiri
Argentina akan melawan Swiss dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia Brasil 2014 di Stadion Corinthians, Sao Paulo, Selasa (01/07/14). Namun, para penonton pasti lebih menantikan penampilan dua pemain bintang, Lionel Messi dan Xherdan Shaqiri.

Jika menyebut nama Argentina saat ini, semua orang pasti langsung teringat pada nama bintang sepakbola Barcelona, Lionel Messi. Ya, pemain 27 tahun itu menjadi sorotan sejak Piala Dunia Brasil 2014. Alasannya Messi belum terbukti hebat jika belum berhasil membawa Tim Tango menjadi juara dunia.

Messi langsung tancap gas untuk membuktikan dirinya layak sebagai pemain terbaik di dunia. Sejak PD 2014 dimulai, Messi telah menyumbang  empat dari enam gol yang dicetak Albiceleste pada fase grup. Bahkan Leo menciptakan gol spektakuler pada pengujung waktu, saat Argentina mengalahkan Iran 1-0.

Pentingnya keberadaan Messi dalam skuad Argentina dibenarkan oleh sang pelatih, Alejandro Sabella. Menurut pria berusia 59 tahun itu Messi telah mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk membawa Argentina meraih hasil positif di Piala Dunia Brasil 2014.

"Messi telah bermain bagus di Piala Dunia. Penampilannya seperti dengan harapan saya, rekan-rekannya, masyarakat, dan semua orang. Saya senang dengan tim dan dia. Dia adalah pemain kunci bagi kami," kata Sabella.

Hal senada juga diungkapkan rekan setim Messi di Argentina, Fernando Gago. Tapi, gelandang Boca Juniors itu lebih melihat ketergantungan Argentina terhadap Messi dair sisi lain.

"Saya tidak berpikir, kami sepenuhnya bergantung terhadap Messi. Kami coba mengambil keuntungan dari dia dan menikmati kinerjanya," ungkap Gago.

Namun, kehebatan Messi bersama Argentina tidak membuat kubu Swiss khawatir. Pelatih Ottmar Hitzfeld mengungkapkan, timnya tak akan menerapkan strategi khusus untuk mematikan pergerakan pemilik empat trofi Pamain Terbaik Dunia tersebut.

"Penjagaan satu lawan satu untuk Messi? Tidak perlu. (Kami akan menghentikannya) dengan jaringan yang berfungsi dengan sangat baik. Dalam hal ini setiap pemain membutuhkan konsentrasi dan tingkat perhatian yang sangat tinggi," ujar pelatih asal Jerman itu.

Untuk menandingi nama besar Messi, Swiss juga memiliki Xherdan Shaqiri. Dia kini juga jadi sorotan penonton di Stadion Corinthians dan seantero dunia. Nama Shaqiri semakin sering diperbincangkan ketika sukses mencetak hat-trick ke gawang Honduras.

Pelatih Shaqiri di Bayern, Pep Guardiola, mewanti-wanti Argentina untuk fokus terhadap pemain asuhannya itu. Menurut pelatih asal Spanyol itu, Shaqiri mampu mencetak gol dari sudut mana pun meski berposisi sebagai gelandang.

"Mereka harus mewaspadai Xherdan Shaqiri. Dia berbahaya di kotak penalti karena kecepatan dan tembakannya yang baik. Di Bayern, dia sering kali menjadi pemain pengganti. Ketika bermain, dia selalu tampil baik," ucap Guardiola.

Rekan setim Shaqiri di Swiss, Admir Mehmedi juga memuji bakat pemain yang telah mengoleksi 12 gol dari 36 caps itu. Menurut Mehmedi, Shaqiri adalah otak permainan Swiss pada Piala Dunia Brasil 2014.

“Xherdan melakukan hal yang baik. Aku harap dia juga bisa melakukannya saat meladeni Argentina. Dia seorang playmaker yang sangat kreatif dalam menyerang. Pergerakannya sangat cepat dan mampu bermain dengan passing yang sangat baik,” sambung Mehmedi.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Swiss #Argentina #Lionel Messi
  • comment
Artikel Terkait
Komentar