tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Stephen Keshi, Pelatih Keenam yang Mundur di PD 2014

Selasa, 01 Juli 2014 08:21 WIB
Stephen Keshi mundur dari jabatan Pelatih Nigeria, setelah timnya gagal lolos dari 16 besar PD 2014.
  • Stephen Keshi, Pelatih Keenam yang Mundur di PD 2014
    GETTY IMAGES

    Stephen Keshi (kanan/Pelatih Nigeria)

Pelatih Nigeria, Stephen Keshi, memutuskan lengser dari jabatannya, setelah Tim Elang Super gagal lolos dari 16 besar Piala Dunia Brasil 2014, setelah kalah 0-2 dari Prancis di Brasilia, Senin waktu setempat atau Selasa (01/07/14) dini hari WIB.

Kekalahan Tim Elang Super didapat setelah Tim Ayam Jantan memborong dua gol dalam rentang sebelas menit. Nigeria kalah dan harus angkat koper dari Brasil.

Kapten Nigeria, Joseph Yobo, yang mencetak gol bunuh diri dalam laga itu, menyatakan mundur dari karier internasional. Tak berapa lama, Keshi pun merilis pernyataan pengunduran diri dari jabatan Pelatih Super Eagles.

Keshi sebenarnya sudah menyatakan lengser dari jabatan setelah Piala Afrika 2013, di mana Nigeria memastikan diri sebagai kampiun. Pelatih berusia 52 tahun itu merasa kekurangan dukungan dan rasa hormat dari segenap sendi dan penggawa sepakbola negara itu. Dia membatalkan niatnya, menyusul permintaan dari Menteri Olahraga Nigeria.

Kemenangan atas Bosnia-Herzegovina 1-0 pada penyisihan grup, membuat Nigeria lolos ke perdelapanfinal untuk kali pertama sejak Piala Dunia Prancis 1998. Kondisi internal Nigeria sempat retak menyusul pertikaian bonus yang akhirnya bisa segera diselesaikan.

Namun, kegagalan Nigeria di babak 16 besar tak kuasa menahan Keshi. Dia menjadi pelatih keenam Nigeria yang meninggalkan jabatan pada PD 2014, setelah Luis Fernando Suarez (lengser dari jabatan Pelatih Honduras), Carlos Queiroz (Iran), Alberto Zaccheroni (Jepang), Cesare Prandelli (Italia), dan Sabri Lamouchi (Pantai Gading).

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Nigeria
  • comment
Artikel Terkait
Komentar