tag
Sepakbola
Argentina 1-0 Swiss

Argentina Menang Dramatis

Rabu, 02 Juli 2014 02:41 WIB
Argentina mampu mengalahkan Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2014.
  • Argentina Menang Dramatis
    FIFA

    Angel di Maria menjadi pahlawan Argentina di babak 16 besar Piala Dunia 2014.

  • Argentina Menang Dramatis
    FIFA
  • Argentina Menang Dramatis
    FIFA
  • Argentina Menang Dramatis
    GRAFIS : M Yogi Arham/INDOSPORT-FIFA
  • Argentina Menang Dramatis
  • Argentina Menang Dramatis
  • Argentina Menang Dramatis
  • Argentina Menang Dramatis
Angel di Maria menjadi pahlawan Argentina melaju ke babak perempatfinal Piala Dunia Brasil 2014. Gol tunggalnya mengalahkan Swiss di Arena Corinthians, Sao Paulo, Rabu (02/07/14) dini hari WIB.

Argentina mencoba menguasai pertandingan di awal babak pertama lewat kreativitas Angel di Maria dan Fernando Gago di lini tengah Albiceleste. Namun pertahanan Swiss yang digalang Stephan Lichtsteiner sangat sulit ditembus oleh pemain Argentina.

Swiss menunjukkan bahwa mereka tidak bisa dianggap remeh. Mengandalkan serangan balik, Xherdan Shaqiri dan kawan-kawan mampu beberapa kali mengejutkan Argentina lewat serangan balik di paruh babak pertama.

Sepanjang babak pertama, Lionel Messi terlihat makin menyatu dengan skuad Argentina. Beberapa kali pergerakan dan umpan-umpannya mampu membahayakan pertahanan tim asuhan Ottmar Hitzfeld. 

Pada menit ke-26, umpan tendangan bebas Messi disambut sundulan Gonzalo Higuain. Sayang, bola masih melambung di atas mistar gawang.

Dua menit berselang, giliran Swiss merepotkan pertahanan Argentina. Berawal dari aksi Shaqiri menembus pertahanan Argentina di sisi kanan, Granit Xhaka dalam posisi bebas untuk menembak. Sergio Romero masih sigap menepis tembakan itu.

Argentina hampir membuka keunggulan di pengujung babak pertama, andai wasit tidak mengabaikan pelanggaran dari Lichtsteiner yang terlihat handball di dalam kotak penalti. Kedua tim masih berbagi skor 0-0 di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Argentina terus berusaha mencari peluang untuk mencetak gol. Dalam rentang dua menit, dua kali Argentina mendapatkan tendangan bebas, namun dua kali pula umpan Messi masih gagal dimanfaatkan oleh rekan-rekannya. 

Memasuki menit ke-67, Argentina terus mengurung pertahanan Swiss untuk mencetak gol. Untuk hal itu, mereka terlihat sadar harus bisa memanfaatkan peluang yang didapat untuk menang. Hingga laga menyisakan 20 menit, penguasaan bola di lapangan masih dipegang Argentina. Namun tim Amerika Latin itu tetap tidak mudah menembus pertahanan Swiss.

Sesekali Swiss melakukan serangan balik. Salah satunya melalui pemain pengganti Haris Seferovic yang membawa bola sendirian melawan tiga pemain Argentina di menit ke-83. Namun, aksinya mudah dihentikan oleh lini belakang Argentina yang digalang Marcos Rojo dan kawan-kawan.  

Hingga babak kedua berakhir, kedua tim belum berhasil mencetak gol ke gawang lawan.

Pada masa perpanjangan waktu beberapa peluang berhasil didapatkan Argentina. Namun, pertahanan Swiss mampu menahan dengan sangat baik. Sebaliknya, Swiss mampu merepotkan gawang Romero melalui aksi Shaqiri.

Swiss terlihat mampu mematikan serangan Argentina dan mengusai jalannya permainan di paruh pertama babak perpanjangan waktu. 

Menghadapi lawan yang makin percaya diri, Argentina tidak putus asa menekan pertahanan Swiss. Hingga akhirnya, berawal dari aksi Messi yang mampu melewati hadangan Lichtsteiner, Messi lalu berikan umpan kepada Di Maria. Pemain Madrid itu kemudian lepaskan tembakan akurat yang mengubah skor menjadi 1-0 di menit ke-118.

Di pengujung laga, Swiss sejatinya bisa menyamakan kedudukan. Namun, usaha Blerim Dzemaili masih membentur tiang gawang. Bola mentah yang kembali menghampiri Dzemaili pun hanya tipis menyamping gawang. Swiss kemudian kembali dapat peluang, sayang Shaqiri gagal melepaskan tembakan bebas secara akurat.  

Hingga akhirnya skor 1-0 untuk Argentina bertahan hingga usai laga. Argentina berhak melaju ke babak perempatfinal.


Data Pertandingan

Argentina 1-0 Swiss

Arena Corinthians, Sao Paulo

Pencetak gol: Angel di Maria (Argentina 118) 
Kartu Kuning: Marcos Rojo, Angel Di Maria, Ezequiel Garay - Granit Xhaka, Gelson Fernandes 
Wasit: Jonas Eriksson (Swedia)

Susunan Pemain

Argentina: 1-Sergio Romero; 2-Ezequiel Garay, 4-Pablo Zabaleta, 16-Marcos Rojo (23-Jose Basanta 105+1), 17-Federico Fernandez;5-Fernando Gago (6-Lucas Biglia 106), 7-Angel di Maria, 10-Lionel Messi, 14-Javier Mascherano; 9-Gonzalo Higuain, 22-Ezequiel Lavezzi (18-Rodrigo Palacio 74) 

Pelatih: Alejandro Sabella

Swiss: 1-Diego Benaglio; 2-Stephan Lichtsteiner, 13-Ricardo Rodriguez, 20-Johan Djourou, 22-Fabian Schar; 8-Gokhan Inler, 10-Granit Xhaka (16-Gelson Fernandes 66), 11-Valon Behrami, 18-Admir Mehmedi (15-Blerim Dzemaili 113), 23-Xherdan Shaqiri; 19-Josip Drmic (9-Haris Seferovic 82)
 
Pelatih: Ottmar Hitzfeld

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Zaenudin Firdaus
Editor : Yusuf Abdillah

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014
  • comment
Artikel Terkait
Komentar