tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

"Malaikat" Argentina Bernama Angel di Maria

Rabu, 02 Juli 2014 11:00 WIB
Angel di Maria tetap membumi meski jadi pahlawan Argentina saat mengalahkan Swiss 1-0 di PD 2014.
  • GETTY IMAGES

    Dua pemain andalan Argentina, Kapten Lionel Messi (kiri/) dan Angel di Maria.

  • GETTY IMAGES

    Angel di Maria (Argentina)

Angel di Maria menjadi pahlawan kemenangan Argentina atas Swiss pada babak 16 besar Piala Dunia Brasil 2014 di Stadion Corinthians, Rabu (02/07/14) dini hari WIB. Gol tunggal Di Maria membawa Tim Tango melaju ke perempatfinal dan melibas Swiss 1-0.

Kemampuan Angel di Maria dalam memainkan si kulit bulat memang di atas rata-rata pesepakbola pada umumnya. Namun kehebatan pemain 26 tahun itu selalu tertutupi oleh nama besar rekan-rekan setimnya. Di Real Madrid ada Cristiano Ronaldo, sementara di timnas Argentina ada Lionel Messi.

Akhirnya pembuktian Di Maria sebagai pemain yang patut diperhitungkan terjadi saat Argentina melawan Swiss. Menerima umpan matang dari Messi, tendangan mendatar Di Maria dari sisi kanan ke pojok kiri gawang gagal diantisipasi kiper Swiss, Diego Benaglio.

Meski begitu Di Maria tidak mau sombong. Sama seperti Messi, rekan sekampung kelahiran di Rosario, Argentina. Di Maria mengungkapkan keberhasilan mencetak gol itu berkat peran rekan-rekan setimnya. Berikut beberapa kutipan wawancara Angel di Maria dari berbagai sumber, seusai pertandingan Argentina melawan Swiss:

Argentina hanya menang 1-0 atas Swiss, itu pun setelah melalui babak perpanjangan waktu. Apakah Argentina layak berada di perempatfinal PD 2014?

Kami mendapat banyak peluang gol dan selalu bermain (menyerang) tanpa putus asa. Kami juga mendominasi pertandingan dan hanya melakukan satu kesalahan yang mampu diamankan penjaga gawang. Kami pulang dengan kemenangan karena kami tampil bagus. Akhirnya, kami mampu menghasilkannya (gol) dan kemenangan ini lebih dari yang sepantasnya. Saya rasa kami sangat layak menang dan berada di perempatfinal. Puji Tuhan atas kemenangan ini, sekarang kami memiliki waktu empat hari untuk memulihkan diri menghadapi perempatfinal melawan Belgia.

Apa yang membuat Anda dan rekan-rekan setim di Argentina tetap bersemangat mencetak gol ke gawang Swiss?

Kami telah memberikan segalanya. Kami membiarkan hati dan jiwa kami tertuang dalam permainan di atas lapangan. Kami selalu fokus pada pertandingan dan tidak pernah menyerah semenit pun.

Anda menjadi pahlawan Argentina dengan mencetak gol tunggal, bagaimana perasaan Anda?

Bukan hanya saya. Kami memiliki 23 pahlawan dan staf pelatih. Kami memberikan nyawa kami. Kami tahu setiap laga gugur akan berjalan seperti ini. Kami tahu hal ini akan terjadi dan kami melakukan segalanya untuk mendapatkan bola. Kami bermain dengan sangat baik.

Saya mendedikasikan gol itu untuk istri dan putri saya yang berada di sini untuk mendukung saya.

Anda mencetak gol tidak lepas dari kecerdikan Lionel Messi memberikan umpan, seberapa penting sosok Messi bersama Timnas Argentina?

Messi yang terbaik di dunia. Dia melakukan hal yang tidak ada orang lain bisa melakukannya dan untungnya dia milik kami. Dia akan jadi top scorer Piala Dunia. Dia berada dalam momen luar biasa dan itu sangat bagus tapi kami semua menangkap itu dari dia.

 

Profil Angel di Maria

Nama Lengkap: Angel Fabian di Maria Hernandez

Tempat/Tanggal Lahir: Rosario, Argentina, 14 Februari 1988

Tinggi: 1,80 meter

Posisi: Gelandang sayap/playmaker

Karier Klub:
- 2005–2007        Rosario Central  (39/6 gol)
- 2007–2010        Benfica              (123/15)
- 2010–sekarang  Real Madrid       (189/36)

Karier Timnas:
- 2007                  Argentina U-20                (13/3)
- 2008                  Tim Olimpiade Argentina  (6/2)
- 2008–sekarang   Argentina                        (51/10)

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Argentina #Angel di Maria
  • comment
Artikel Terkait
Komentar