tag
Sepakbola

Kolombia Lupakan Tragedi Andres Escobar

Kamis, 03 Juli 2014 16:37 WIB
James Rodriguez kini jadi alasan Kolombia untuk melupakan tragedi Andres Escobar yang terjadi 20 tahun lalu.
Tanggal 02 Juli 1994 adalah tragedi bagi Kolombia ketika Andres Escoba ditembak di luar sebuah kafe di Medellin. Kamis (02/07/14) atau 20 tahun berselang, Kolombia bersiap melupakan tragedi itu setelah timnas mereka melaju berkat James Rodriguez.
4. Diiringi Teriakan "Gol Bunuh Diri"

Menurut Bleacher Report, pada 02 Juli 1994, Escobar mengunjungi kafe bernama El Indio bersama beberapa teman. Pada larut malam sebelumnya, sejumlah anggota Gallon --gang kriminal terkenal di Medellin-- mencemooh Escobar atas gol bunuh diri yang dilakukan pada PD 1994. Situasi memanas. 

Saat akan meninggalkan tempat itu, Escobar ditembak enam kali dan meninggal dunia. Dari sejumlah laporan yang berbeda, setiap tembakan ke arah Escoba disertai teriakan, "Gol bunuh diri!" dari si eksekutor. Sang pelaku akhirnya dipenjara 11 tahun dari total hukuman 43 tahun. 

Tragedi itu membuat 125.000 menyemut di jalanan Medellin saat penghormatan pemakaman Escobar di Medellin. 

Penyebab pembunuhan Escobar banyak jadi perdebatan. Namun, hasil penyelidikan polisi memaparkan, Escobar dibunuh karena membuat salah satu mafia kalah besar di arena judi. 

"Hidup tak bisa berakhir di sini. Kami akan terus melangkah. Tak masalah seberapa sulit itu, kami harus saling membantu," ungkap Andres Escobar seperti tertulis pada koran Bogota, El Tiempo, setelah Kolombia terdepak dari PD 1994.

Benar. Saat inilah Kolombia harus melangkah dan melupakan tragedi Escobar 20 tahun lalu. Los Cafeteros kini punya bintang sekaliber James Rodriguez untuk meluapkan euforia. Lima golnya menyita asa Kolombia melangkah sejauh mungkin di Brasil 2014. 

Itulah harapan Pele dua dekade lalu, kala memprediksi Kolombia mampu melangkah ke semifinal Piala Dunia. Mungkin inilah saat yang tepat, meski Kolombia harus mendepak Brasil, sang tuan rumah PD 2014.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Kolombia
  • comment
Artikel Terkait
Komentar
  • Michale Platini
    Jumat, 04 Juli 2014 15:14 WIB
    Michale Platini

    Serem banget tragedinya, semoga nyawa Escobar berbuah manis di PD Brasil.

  • Tidak ada data lagi