tag
Sepakbola
Brasil Vs Kolombia

Dua Latin Adu Kuat

Jumat, 04 Juli 2014 15:05 WIB
Kolombia dan Brasil akan saling menjegal agar terus dapat bertahan di Piala Dunia 2014.
  • Dua Latin Adu Kuat
    Bayu Pandu Arisma/INDOSPORT-GETTY IMAGES
  • Dua Latin Adu Kuat
    Bayu Pandu Arisma/INDOSPORT-GETTY IMAGES
  • Dua Latin Adu Kuat
  • Dua Latin Adu Kuat
Melawan Kolombia, tim tuan rumah Brasil bakal mendapat ujian berat untuk melanjutkan perjuangannya menuju babak selanjutnya. Dua tim asal Amerika latin ini akan bertarung di di Stadion Castelao, Fortaleza, Sabtu (04/07/14) dini hari.

Brasil melaju ke perempatfinal setelah mengalahkan Chile melalui adu penalti. Sementara Kolombia menang meyakinkan 2-0 atas Uruguay berkat dua gol yang diborong oleh bintang muda mereka, James Rodriguez.

Kolombia mendedikasikan prestasi melaju hingga 8 besar untuk mantan pemain timnas Kolombia, Andres Escobar. Sang pemain hingga kini masih diingat publik sepak bola dunia lantaran kisah hidupnya berakhir tragis. 

Saat berlaga di Piala Dunia 1994, melawan tuan rumah Amerika Serikat, Escobar mencetak gol bunuh diri yang membuat negaranya kalah 1-2. Sepuluh hari setelah pertandingan, 2 Juli 1994, pemain yang berposisi sebagai bek tersebut ditemukan tewas ditembak.

Prestasi lolosnya Kolombia ke-8 besar ini sendiri merupakan capaian terbaiknya setelah terhenti di 16 besar pada Piala Dunia 1990. 

Tentu anak asuh Jose Pekerman tidak ingin hanya berhenti di sini melainkan terus mencapai prestasi terbaik. Mengalahkan Brasil dan melaju ke semifinal merupakan target yang dipatok.

Tuan rumah tentu masih diunggulkan tapi Selecao pun harus berhati-hati kepada Kolombia yang sukses menebar kejutan di ajang empat tahunan ini.  

Namun, kubu Luis Felipe Scolari, sepanjang gelaran Piala Dunia ini mereka terlalu bergantung kepada Neymar. Ketika Neymar gagal mencetak gol seperti pada laga kontra Meksiko dan Chile, mereka pun terlihat sedikit kerepotan.

Jika ingin menang, Brasil harus bisa mengandalkan pemain lain seperti Fred atau Hulk, karena Neymar sudah pasti akan mendapatkan pengawalan khusus. 

Hulk, di laga melawan Chile menunjukan skill dan pergerakan yang baik dari sisi kanan, beberapa kali membuat peluang namun golnya akhirnya harus dianulir.

Di kubu lawan Kolombia juga tidak bisa hanya mengandalkan James Rodriguez, mengingat pemain Brasil, Fernandinho sudah menegaskan jika ia tidak akan membiarkan pencetak 5 gol di Piala Dunia Brasil itu bergerak bebas di lini tengah.

Kolombia, punya rekor kurang baik jika bertemu dengan Brasil. Mereka telah bertemu 25 kali dan Brasil sudah memenangi 15 laga di antaranya. Sementara Kolombia baru menang dua kali, delapan pertandingan sisanya berakhir imbang.

Ada 66 gol yang tercipta dari pertemuan kedua tim ini.  55 gol dicetak oleh pemain Brasil. Hanya 11 gol yang mampu disarangkan pemain Kolombia ke gawang Brasil dalam rekor pertemuan tersebut.

Pada 5 pertandingan terakhir, Brasil menang sekali dan empat kali berakhir imbang. Kemenangan Selecao diperoleh saat mengalahkan Kolombia 2-1 di ajang kualifikasi Piala Dunia, 7 September 2003. 

Hasil imbang terakhir terjadi pada laga persahabatan 15 November 2012 lalu yang berakhir 1-1. Kemenangan terakhir Kolombia atas Brasil dicatatkan pada 13 Juli 1991 saat mereka menang 2-0 di ajang Copa America.

 

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Irfan Fikri

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Kolombia #Brasil
  • comment
Artikel Terkait
Komentar