tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Juan Zuniga Wakili Kolombia Protes Wasit Velasco

Sabtu, 05 Juli 2014 13:12 WIB
Juan Zuniga mengaku tak berniat cederai Neymar di PD 2014.
  • Juan Zuniga Wakili Kolombia Protes Wasit Velasco
    GETTY IMAGES

    Neymar (Brasil) dilanggar Juan Camilo Zuniga (Kolombia) dalam laga 8 besar Piala Dunia Brasil 2014 di Stadion Castelao, Fortaleza (04/07/14). Brasil akhirnya menang 2-1.

Pemain Kolombia, Juan Zuniga, melanggar punggung striker andalan Brasil, Neymar, dengan lutut dalam laga 8 besar Piala Dunia 2014 di Fortaleza, Sabtu (05/07/14) dini hari WIB. Insiden pada menit ke-87 itu membuat Neymar cedera retak tulang punggung dan membuat dia absen dalam sisa laga PD 2014.

"Saya tak bermaksud mencederai pemain. Saya hanya membela negara saya," tegas Zuniga yang dilansir NBC Sports.

Yang dimaksud Zuniga dengan membela negara adalah membalaskan sakit hati terhadap berbagai pelanggaran keras pemain Selecao terhadap pesepakbola Kolombia di lapangan, terutama terhadap James Rodriguez. Striker itu akhirnya mengeslot gol satu-satunya Los Cafeteros, namun masih gagal menghindarkan kekalahan 1-2 dari Brasil.

Sebanyak 54 pelanggaran terjadi dalam pertandingan di Stadion Castelao, Jumat malam waktu Brasil, namun wasit dari Spanyol, Carlos Velasco, tak mengeluarkan satu kartu kuning pun hingga menit ke-64. Itu adalah saat "hadiah" untuk Thiago Silva akibat melakukan pelanggaran bodoh terhadap kiper Kolombia, David Ospinal.  

Tiga menit setelah itu, giliran striker Kolombia, James Rodriguez, yang mendapatkan kartu kuning setelah melakukan pelanggaran pertama dalam pertandingan itu.

Artinya, sebelum pelanggaran Rodriguez terjadi sekitar 40 pelanggaran yang menurut Velasco tak perlu diberikan kartu kuning. Dalam pertandingan itu, Rodriguez mendapatkan enam pelanggaran dari pemain-pemain Brasil, namun tak ada yang diberi kartu kuning oleh Velasco.

Mungkin atas sebab ketakadilan, beberapa pemain Kolombia berontak dengan melakukan permainan keras. Salah satunya  yang dilakukan Zuniga terhadap Neymar. Entah normal atau tidak, pelanggaran Zuniga itu tak diberi kartu kuning oleh Velasco.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Kolombia #Neymar #Brasil #Juan Zuniga
  • comment
Artikel Terkait
Komentar