tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Lima Fakta Menarik Usai Belanda Bekuk Kosta Rika

Minggu, 06 Juli 2014 07:22 WIB
Belanda tercatat sebagai tim yang pertama kali mengganti kiper hanya untuk adu penalti.
  • Lima Fakta Menarik Usai Belanda Bekuk Kosta Rika
    GETTY IMAGES
Belanda mengalahkan Kosta Rika melalui babak adu penalti 0-0 (4-3) pada babak perempatfinal Piala Dunia Brasil 2014, di Arena Fonte Nova, Salvador, Minggu (06/07/14). Kemenangan itu selain membawa tim Oranye lolos ke babak semifinal juga mencatat berbagai rekor baru di turnamen empat tahunan tersebut.

Belanda menyusul langkah tuan rumah Brasil, Jerman, dan Argentina ke babak semifinal Piala Dunia Brasil 2014. Pencapaian itu diraih skuad asuhan Louis van Gaal usai menyingkirkan Kosta Rika melalui babak adu penalti 0-0 (4-3).

Laga antara Belanda dan Kosta Rika sekaligus menorehkan sejumlah catatan baru Piala Dunia. Berikut fakta-fakta menarik usai Belanda menaklukkan Kosta Rika seperti dihimpun Infostrada Live:

- Untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia, sebuah tim mengganti kiper untuk babak adu penalti. Pelatih Belanda Louis van Gaal memasukkan Tim Krul untuk menggantikan Jasper Cillessen pada menit ke 121.

- Tim Krul juga mencatat debut paling menakjubkan dalam sejarah Piala Dunia. Kiper Newcastle United itu menahan dua tendangan penalti Kosta Rika dalam pertandingan debutnya bersama Belanda di Piala Dunia.

- Pertandingan ini adalah yang pertama kalinya dalam 10 adu penalti terakhir Piala Dunia, di mana tim yang melakukan eksekusi penalti pertama gagal menang. Terakhir pada babak 16 besar Piala Dunia 2002, saat Spanyol mengalahkan Irlandia.

- Belanda memecahkan rekor pada babak perpanjang waktu saat melawan Kosta Rika. Sebelumnya Belanda telah memainkan babak perpanjangan waktu sebanyak empat kali di Piala Dunia, dan selalu kalah baik setelah perpanjangan waktu atau adu penalti dalam semua pertandingan tersebut.

- Pada babak sistem gugur Piala Dunia Brasil 2014 Kosta Rika selalu bermain melalui hingga babak adu penalti. Setelah kalah dari Belanda melalui adu penalti di babak perempatfinal, Kosta Rika mengalahkan Yunani melalui adu penalti di babak 16 besar.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Irfan Fikri

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Belanda #Kosta Rika
  • comment
Artikel Terkait
Komentar