tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

FIFA Klaim Piala Dunia 2014 Bersih dari Doping

Selasa, 08 Juli 2014 07:57 WIB
FIFA menyatakan tidak ada pemain yang gagal dalam tes doping di Piala Dunia 2014.
  • FIFA Klaim Piala Dunia 2014 Bersih dari Doping
    GETTY IMAGES

    Direktur Medis FIFA Jiri Dovak.

Badan Sepakbola Dunia (FIFA) tidak menemukan pemain yang positif menggunakan doping selama Piala Dunia Brasil 2014, Senin waktu setempat atau Selasa (08/07/14). FIFA terus melakukan pengujian hingga laga final.

FIFA menyatakan semua pemain yang turun di Piala Dunia Brasil 2014 dipastikan bersih dari doping atau obat peningkat performa. Klaim FIFA ini berdasarkan lebih dari 1.000 pengujian yang tetap menghasilkan hasil negatif.

Dalam siaran pers yang dilakukan pada Senin waktu setempat di Maracana, Brasil, Direktur Medis FIFA Jiri Dovak mengatakan 736 pemain dari 32 negara peserta telah memberi sampel darah dan urin untuk diuji.

Dovak menjelaskan hasil negatif kembali diperoleh setelah melakukan 777 kali tes antara 1 Maret dan 11 Juni 2014. Ditambah 232 pengujian lagi yang diambil dari empat pertandingan pertama Piala Dunia 2014 pada 12 Juni 2014.

"Kami tidak menemukan zat terlarang (doping)...sebelum atau selama Piala Dunia," kata Direktur Medis FIFA Jiri Dovak.

Tidak hanya itu, FIFA juga akan melakukan pengujian terhadap pemain dari empat tim tersisa yang akan bertarung di semifinal, yaitu Brasil, Jerman, Argentina dan Belanda. FIFA mengatakan hasil yang diharapkan akan diketahui sebelum babak pertandingan semifinal.

FIFA telah menerbangkan semua sampel darah dan urin pemain ke laboratorium WADA (Badan Anti-Doping Dunia) di Swiss. WADA yang berwenang memerangi penggunaan obat-obatan terlarang di olahraga mencabut akreditasi fasilitas pengujian obat di Rio de Janeiro karena gagal memenuhi standar internasional.

Pemain yang terakhir kali terbukti menggunakan doping adalah Diego Armando Maradona saat positif menggunakan efidrin. Aksi kecurangan legenda Argentina ini terjadi di Piala Dunia 1994.


Penulis : Zaenudin Firdaus
Editor : Jhon Purba

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #FIFA
  • comment
Artikel Terkait
Komentar