tag
Sepakbola

FIFA Nyatakan Juan Camilo Zuniga Lolos Dari Hukuman

Selasa, 08 Juli 2014 05:33 WIB
Melalui surat pernyataannya, FIFA memutuskan tidak melanjutkan penyelidikan lebih lanjut tekel Zuniga kepada Neymar.
  • FIFA Nyatakan Juan Camilo Zuniga Lolos Dari Hukuman
    GETTY IMAGES

    FIFA nyatakan Juan Camilo Zuniga tak bersalah atas tekel kerasnya terhadap Neymar..

  • FIFA Nyatakan Juan Camilo Zuniga Lolos Dari Hukuman
    GETTY IMAGES

    Camilo Zuniga (Kolombia)

  • FIFA Nyatakan Juan Camilo Zuniga Lolos Dari Hukuman
  • FIFA Nyatakan Juan Camilo Zuniga Lolos Dari Hukuman
Bek Kolombia, Juan Camilo Zuniga, tidak mendapat hukuman untuk pelanggarannya terhadap Neymar yang telah membuat penyerang Brasil itu mengalami patah tulang belakang dan memaksanya absen sampai Piala Dunia usai, Selasa (08/07/14).

Setelah menyelidiki insiden di laga perempat final yang dimenangi Brasil dengan skor 2-1 itu, Komite Disiplin FIFA, memutuskan pada bahwa tidak ada tindakan retrospektif yang diambil.

Dalam pernyataannya, badan sepak bola dunia FIFA mengatakan peraturan-peraturan mereka mencegah mereka membuka kasus karena insiden itu telah ditangani oleh wasit di lapangan.

"Setelah analisis terhadap masalah dan pengajuan ekstensif dan dokumentasi yang diterima dari CBF (Konfederasi Sepak Bola Brazil), ketua sampai pada kesimpulan bahwa Komite Disiplin FIFA tidak memasukkan masalah ini ke dalam kondisi-kondisi yang digariskan oleh Kode Disiplin FIFA (FDC) untuk situasi yang dapat diintervensi oleg Komite Disiplin," bunyi pernyataan itu.

"Terutama, pada kasus spesifik ini, tidak ada tindakan retrospektif yang dapat diambil Komite Disiplin FIFA, sebab insiden yang melibatkan pemain Kolombia Juan Camilo Zuniga tidak luput dari para ofisial pertandingan," tambah pernyataan itu.

FIFA juga mengatakan pihaknya tidak dapat mempertimbangkan permohonan banding kubu Brasil terhadap kartu kuning Thiago Silva, yang akan membuatnya absen pada semifinal Selasa melawan Jerman. Badan sepak bola itu berkata "tidak ada basis hukum" untuk mengabulkan hukuman itu.

Kapten Brasil itu mendapat kartu kuning pada pertandingan melawan Kolombia karena menghalangi kiper David Ospina saat hendak melakukan tendangan, dan itu merupakan kartu kuning keduanya sepanjang turnamen ini sehingga otomatis ia diskors.

Namun FIFA mengatakan parahnya cedera dan profil sang pemain yang terlibat tidak diperhitungkan dalam peraturan-peraturan disiplin mereka.

"Penting untuk digaris bawahi bahwa kondisi-kondisi yang dapat diintervensi oleh Komite Disiplin FIFA dalam setiap insiden harus independen terkait konsekuensi-konsekuensi insiden itu, seperti cedera naas yang diderita sang pemain," kata FIFA.

"Akhirnya, sebagai pernyataan umum, FIFA dan Komite Disiplin FIFA menyesalkan insiden-insiden apapun yang terjadi di lapangan, khususnya yang memiliki dampak negarif terhadap kesehatan para pemain. Kami mendoakan Neymar dapat pulih sepenuhnya dan secepatnya, sebagaimana kami berharap kepada semua pemain yang sayangnya harus absen dari Piala Dunia karena cedera," tutup pernyataan resmi FIFA.

Terdepaknya Neymar secara prematur dari Piala Dunia telah menimbulkan keterkejutan dan kemarahan di negeri Samba.

Sejumlah stasiun televisi Brasil menginterupsi program normal mereka pada akhir pekan, untuk menyiarkan tayangan langsung ketika Neymar meninggalkan pusat latihan tim dengan menggunakan helikopter, sedangkan presiden Brasil, Dilma Roussef mengirimkan surat kepada sang pemain.

Awalnya cedera yang didapat Neymar menimbulkan harapan bahwa insidennya dengan Zuniga akan diselidiki lebih lanjut.

Neymar ditandu keluar lapangan sambil berurai air mata, dan belakangan didiagnosa menderita patah tulang belakang, ketika Zuniga menubruk punggung pemain Brazil itu dengan menggunakan lutut.

Zuniga tidak mendapat kartu akibat insiden itu dan telah mengirimkan pesan pribadi kepada Neymar yang menjelaskan bahwa itu adalah kecelakaan, namun tidak seorangpun setuju dengan versinya mengenai kejadian itu. Bahkan legenda Brasil, Ronaldo da Lima menyebutnya sebagai "tekel iblis."

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Raditya Adi Nugraha

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Kolombia #Neymar #FIFA #Brasil
  • comment
Artikel Terkait
Komentar