tag
Sepakbola

FIFA Tolak Tudingan Untungkan Tuan Rumah Brasil

Selasa, 08 Juli 2014 00:59 WIB
Tuduhan datang karena pihak pengadil lapangan irit dalam keluarkan kartu.
  • FIFA Tolak Tudingan Untungkan Tuan Rumah Brasil
    GETTY IMAGES

    Direktur Komunikasi FIFA, Walter De Gregorio menolak tuduhan FIFA istimewakan Brasil

Selasa (08/07/14), FIFA balas menyerang terhadap tudingan-tudingan bahwa para wasit diminta untuk tidak memberi kartu kuning dan kartu merah pada pertandingan keras di perempat final Piala Dunia antara Brasil dan Chile.

Juru bicara badan sepak bola dunia, Walter De Gregorio, berkata pada konferensi pers bahwa laporan di Jerman yang menyebutkan adanya "rencana rahasia" untuk mendesak para wasit memberikan kartu seminimal mungkin adalah hal yang tidak dapat diterima.

"Tuduhan itu bahwa terdapat rencana rahasia untuk tidak memberi sanksi kartu kuning atau kartu merah, yang mungkin beresiko atau mentoleransi pemain-pemain yang cedera, merupakan hal yang tidak diterima," kata Gregorio.

"Kami tidak dapat menerima bahwa ada rencana rahasia dari FIFA," tambah dia.

Bantahan-bantahan tidak biasa De Gregorio terjadi dua pekan setelah adanya kontroversi menyusul kemenangan Brasil di perempat final di mana penyerang bintang Neymar harus mendapat cedera yang mengakhiri kiprahnya di turnamen ini.

De Gregorio mengatakan FIFA diharapkan akan mengumumkan apakah pihaknya akan membuka atau tidak penyelidikan disiplin terhadap pemain Kolombia yang terlibat dalam insiden retaknya tulang belakang Neymar, Juan Camilo Zuniga.

Kepemimpinan wasit Carlos Velasco Carballo di pertandingan itu juga mendapat banyak kritik, di mana banyak pihak mengklaim bahwa wasit Spanyol itu menunggu terlalu lama untuk mengeluarkan kartu kuning pertamanya.

Sang wasit memutuskan terjadi 41 pelanggaran sebelum mengeluarkan kartu kuning pertamanya di pertandingan itu. Bintang Kolombia James Rodriguez, berulang kali dilanggar para pemain Brasil sepanjang pertandingan.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Raditya Adi Nugraha

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Brasil
  • comment
Artikel Terkait
Komentar