tag
Sepakbola
Brasil Vs Jerman

Wasit Laga "Gigitan Suarez" Pimpin Duel Brasil dan Jerman

Selasa, 08 Juli 2014 19:47 WIB
Marco Rodriguez, yang menjadi wasit dalam laga insiden
  • Wasit Laga
    GETTY IMAGES

    Marco Rodriguez

Wasit asal Meksiko, Marco Rodriguez, yang teledor terhadap insiden "gigitan Suarez" di Piala Dunia Brasil 2014, akan memimpin laga semifinal antara Brasil melawan Jerman, di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Selasa (08/07/14).

Marco Rodriguez memimpin laga Uruguay melawan Italia di fase grup di mana kala itu striker Uruguay Luis Suarez menggigit bek Italia Giorgio Chiellini.

Rodriguez sedang mengamati permainan di sisi yang lain ketika insiden tersebut terjadi dan tidak menjatuhkan hukuman, namun badan sepakbola dunia FIFA menjatuhkan skors empat bulan kepada Suarez di dunia sepakbola dan sembilan kali larangan bermain membela Uruguay, yang merupakan sangsi terberat di Piala Dunia.

Pelatih Brasil Luiz Felipe Scolari ketika ditanya apakah dia mempercayai Rodriguez karena teledor atas insiden gigitan tersebut, menjawab, "dia tidak melihatnya. Banyak hal terjadi. Sering kali wasit tidak melihat pelanggaran, hal lain yang terjadi di sebuah pertandingan. Kadang mereka melihat bola, hal lain yang terjadi tidak terlihat. Itulah alasan mereka mempunyai asisten."

"Dia telah menjadi wasit dalam tiga Piala Dunia, dia mempunyai banyak pengalaman. Saya kira dia adalah salah satu pilihan tepat FIFA untuk pemimpin pertandingan ini," kata Scolari kepada wartawan.

Sementara itu, kecemasan Jerman bukan karena sang wasit melewatkan insiden gigitan Suarez namun gaya permainan Brasil yang kasar ketika melawan Kolombia di perempatfinal, ketika mereka melanggar James Rodriguez dan ada beberapa pelanggaran yang tidak mendapatkan hukuman sebelum striker tuan rumah Neymar cedera karena pelanggaran berat.

Brasil membuat 31 pelanggaran ketika melawan Kolombia namun wasit asal Spanyol, Carlos Velasco, baru mengeluarkan kartu kuning pertama di babak kedua ketika kedua tim membuat 41 pelanggaran.

Wasit Rodriguez harus lebih tegas, kata pelatih Jerman Joachim Loew ketika jumpa pers.

"Harapan saya, atau apa yang saya tunggu, adalah bahwa wasit Rodriguez memberikan hukuman untuk hal-hal seperti ini," kata dia.

"Di laga terakhir (Brasil melawan Kolombia) adu fisik hampir keluar batas. Di Eropa akan tidak ada 22 pemain di akhir pertandingan. Itu sangat berlebihan. Seseorang harus memberikan hukuman atas taktik yang kasar dan brutal ini. Ada mungkin 38, 39 menit permainan bersih dari pelanggaran," kata Loew.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Jerman #Brasil #Luis Suarez
  • comment
Artikel Terkait
Komentar