tag
Sepakbola
Brasil Vs Jerman

Pelatih U-19 Prediksi Jerman Bakal Tumbangkan Brasil

Rabu, 09 Juli 2014 01:28 WIB
Indra Sjafri jagokan Jerman yang melaju ke final Piala Dunia 2014.
  • Pelatih U-19 Prediksi Jerman Bakal Tumbangkan Brasil
    Ardiyan

    Indra Sjafri

Selasa (09/07/14), Indra Sjafri ikut memprediksi laga semifinal Piala Dunia 2014 antara Brasil kontra Jerman. Menurut data statistic, Pelatih Timnas U-19 menganggap jika Jerman akan meraih kemenangan dan melaju ke semifinal.

Demam Piala Dunia 2014 hingga mencapai babak empat besar terus menghipnotis banyak kalangan. Tak terkecuali dari pengamatan Pelatih Timnas U-19.

Pada gelaran ajang sepakbola tertinggi di dunia itu, arsitek Timnas U-19, Indra Sjafri ikut berkomentar dan memberikan prediksi para kontestan semifinal Piala Dunia.

"Di babak 32 besar saya tidak berkomentar apapun," kata dia.

Namun di pertandingan pertama pada babak semifinal yang mempertemukan tuan rumah Brasil dan Jerman, Indra mulai mencoba untuk memberikan prediksi tim mana yang akan keluar sebagai pemenang.

"Tapi begitu empat besar karena saya punya data, mau ?" ujar Indra.

Di semifinal pertama, tuan rumah Brasil akan menghadapi Jerman di Estadion Governador Magalhaes Pinto di Belo Horizonte, Rabu (9/6/2014) dini hari WIB. Kemenangan akan membawa tim asuhan Joachim Low ke final, dan menanti lawan di final antara Argentina atau Belanda.

Untuk pertandingan semifinal pertama, Ia cukup yakin Jerman dapat mempermalukan Brasil dan membuka jalan untuk meraih trofi Piala Dunia 2014. Dengan kata lain, Indra menjagokan Der Panzer akan menang dan berpeluang besar menjadi juara.

"Pertandingan Jerman lawan Brasil diprediksi berdasarkan data-data, Jerman akan menang lawan Brasil," ucapnya.

Menurutnya berdasarkan data statistik, kedua tim memang tidak banyak perbedaan. Dari penguasaan bola, kedua tim sangat dominan.

“Rata-rata lebih dari 50 persen penguasaan bola, Brasil lebih unggul dalam penyerangan, karena mereka bisa melakukan serangan berbahaya dengan rata-rata 45,8 kali sepanjang pertandingan dibanding Jerman yang hanya 43 kali setiap pertandingan," beber Indra.

Lebih jauh, Indra menyebut, jumlah tembakan ke gawang, Jerman lebih unggul dengan 16,6 kali usaha membobol gawang lawan dan Brasil yang mempunyai rata- rata 15 kali shooting. Ia menilai, yang akan menjadi penentu kemenangan laga beda Benua ini adalah akurasi dan variasi passing.

"Kedua tim juga menghasilkan jumlah gol yang sama dalam 5 pertandingan terakhir, yaitu 10 gol," jelasnya.

"Jerman lebih unggul jauh dalam hal akurasi dan frekuensi passing. Jerman akurasinya di angka 2938
kali, Brazil 1816 kali passing dan terdistribusi lebih banyak pada medium pass," lanjut Indra.

Keyakinannya tersebut bertambah besar setelah kabar sang mesin gol, Neymar dan juga sang kapten, Thiago Silva dipastikan absen. Neymar mendapatkan cedera tulang belakang, sedangkan Silva absen akibat akumulasi kartu kuning.

"Neymar bagaimanapun juga, adalah elemen penting dalam skema permainan Scolari. Hilangnya Neymar di sisi serang, akan cukup merugikan karena kreativitas permainan akan berkurang. Neymar menjadi pemain kunci bagi Brasil dari lima pertandingan sejauh ini," jelasnya.

"Jerman sejauh ini masih sangat nyaman dengan kondisinya. Persiapan mereka berjalan mulus. Jerman juga telah melewati masa tersulitnya di turnamen ini, yaitu ketika melawan Perancis. Secara mental, sesuai dengan rumus kurva normal, kondisi mental mereka sudah melewati tekanan berat," pungkasnya.

 

 


Penulis : Ardiyansyah
Editor : Abinery Hamzano

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Indra Sjafri
  • comment
Artikel Terkait
Komentar