tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

6 Duel Jerman dan Argentina di Piala Dunia

Kamis, 10 Juli 2014 15:07 WIB
Jerman dan Argentina pernah bertemu enam kali sepanjang sejarah Piala Dunia.
  • 6 Duel Jerman dan Argentina di Piala Dunia

    Jerman vs Argentina Piala Dunia 1990.

Final Piala Dunia Brasil 2014 mempertemukan Jerman dan Argentina di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Senin(14/07/14) dini hari WIB. Pertemuan kedua tim tersebut akan menjadi pertandingan ketujuh mereka di ajang Piala Dunia.
4. Piala Dunia Italia 1990

Empat tahun kemudian Jerman Barat membalas dendam kepada Argentina secara tunai. Jerman Barat mengalahkan Argentina di partai pamungkas dengan skor tipis 1-0, di Stadion Olimpico, Roma, 8 Juli 1990. Gol semata wayang kemenangan Jerman Barat dibukukan oleh Andreas Brehme melalui titik putih pada menit ke-85.

Hadiah penalti diberikan wasit asal Meksiko, Edgardo Codesal, kepada Jerman Barat setelah Roberto Sensini melanggar Rudi Voeller di kotak terlarang. Laga final tersebut juga berjalan sedikit kontroversial, karena wasit mengeluarkan dua kartu merah kepada dua pemain Argentina, yakni kepada Pedro Monzon dan Gustavo Dezotti.

Langkah Jerman Barat ke final setelah menjadi juara Grup D dengan poin lima, hasil dari kemenangan atas Yugoslavia dan Uni Emirate Arab, serta hasil imbang dari Kolombia. Kemudian Jerman Barat menyingkirkan Belanda pada babak 16 besar, Cekoslovakia pada babak perempatfinal, dan Inggris pada babak semifinal.

Sedangkan Argentina lolos ke babak sistem gugur berkat menjadi lima tim terbaik dari posisi ketiga fase grup. Argentina berada di urutan ketiga Grup B dengan poin tiga, hasil dari kemenangan atas Uni Soviet, imbang dari Rumania, dan kalah dari Kamerun. Lalu, Argentina menyingkirkan Brasil pada babak 16 besar, Yugoslavia pada babak perempatfinal, dan Italia pada babak semifinal.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Yusuf Abdillah

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Argentina #Jerman
  • comment
Artikel Terkait
Komentar