tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Amerika Latin Terpaksa Dukung Argentina

Jumat, 11 Juli 2014 15:05 WIB
Argentina dibenci di Amerika Latin, tapi sekarang didukung di final Piala Dunia 2014.
  • Amerika Latin Terpaksa Dukung Argentina
    ZIMBIO

    Argentina menjadi harapan terakhir Benua Amerika di final Piala Dunia 2014 dari ambisi Jerman yang mewakili Eropa.

  • Amerika Latin Terpaksa Dukung Argentina
    ZIMBIO

    Lionel Messi (kiri) dan Sergio Aguero menjadi harapan Amerika Latin untuk menjaga harga diri Amerika di Piala Dunia 2014 saat melawan Jerman dari Eropa.

  • Amerika Latin Terpaksa Dukung Argentina
  • Amerika Latin Terpaksa Dukung Argentina
Di final Piala Dunia Brasil 2014, mayoritas warga Amerika Latin dengan berat hati akan terpaksa mendukung Argentina untuk menjadi juara dunia. Mereka enggan melihat Jerman dari Eropa menjadi juara di tanah Amerika Latin.

Argentina sebagai wakil Benua Amerika akan bertemu Jerman yang membawa nama besar Eropa akan bertemu di partai final Piala Dunia 2014 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Senin (14/07/14) dini hari WIB.

Argentina menjadi obyek cemoohan dan bahan lelucon di seluruh Amerika Latin karena reputasi sombong dan gaya hidup yang mengikuti negara-negara Eropa. Kebencian mayoritas warga Amerika Latiha terhadap Argentina bermula dari berkembangnya pemukiman imigran Eropa yang dimulai pada akhir abad ke-19.

Mayoritas imigran dari Spanyol dan juga Italia perlahan menyingkirkan masyarakat keturunan Afrika di Buenos Aires, Argentina. Setelah runtuhnya perekonomian pada 2001, Argentina mulai mendekati negara-negara tetangga, termasuk Brasil, yang perekonomiannya tengah tumbuh.

Bahkan Pelatih Argentina Alejandro Sabella membuat moto 'kerendahan hati dan kerja keras' untuk bertarung di Piala Dunia Brasil 2014 untuk menarik perhatian dari negara sesama Amerika.

Sayang ketika Piala Dunia 2014 dimulai, Argentina tetap menjadi ejekan warga Amerika Latin. Melihat keberhasilan Kosta Rika, Kolombia, Meksiko, Uruguay, Chile dan tuan rumah Brasil membuat Argentina semakin terkucilkan. Di Pantai Copacabana, Rio de Janeiro, fans Argentina diejek dengan sebutan 'Fiesta Latina, Sin Argentina' atau 'Pesta Latin Tanpa Argentina'.

Sebuah polling online di 19 negara yang diambil oleh YouGov bekerja sama dengan The New York Times sebelum Piala Dunia Brasil 2014 dimulai mengatakan masyarakat negara Amerika Latin tidak berharap Argentina menjadi juara.

Kondisi mulai berubah untuk 90 menit final Piala Dunia 2014 di Stadion Maracana. Warga Amerika Latin dengan berat hati akan mendukung Lionel Messi dan kawan-kawan untuk menjadi juara dengan mengalahkan Jerman.

Jika Argentina kalah dari Jerman pada final di Rio de Janeiro, Senin (14/07/14) dini hari WIB, sejarah baru Piala Dunia tercipta. Jika Jerman juara di Brasil, maka untuk pertama kali negara Eropa menjadi juara dunia di tanah Amerika Latin.

"Hati saya ingin Argentina untuk menang, tapi otak saya mengatakan Jerman yang akan menang," kata jurnalis dan penulis asal Kolombia, Alberto Ramos Salcedo. Sedang Ingrid Luana asal Rio de Janeiro, Brasil, mengatakan tidak ada cara lain, Argentina harus menang.

"Sejujurnya warga Argentina mendapat penilaian terlalu tinggi. Tapi Piala Dunia di Amerika Latin harus dimenangkan oleh tim Amerika Latin," ujar Humberto Melendez, pemilik toko buku khusus sepakbola Futbologia di Mexico City, Meksiko.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Jhon Purba

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Argentina
  • comment
Artikel Terkait
Komentar