tag
Sepakbola
Menolak Kembali ke Afrika

Ratusan Fans Ghana Minta Suaka di Brasil

Jumat, 11 Juli 2014 11:26 WIB
200 pendukung Ghana mencoba mendapatkan suaka di Brasil.
  • Ratusan Fans Ghana Minta Suaka di Brasil
    INTERNET

    Pendukung Ghana saat beraksi di Piala Dunia Brasil 2014.

Hampir 200 pendukung Ghana di Piala Dunia Brasil 2014 meminta suaka di satu kota di wilayah selatan Brasil. Kamis waktu setempat atau Jumat (11/07/14) WIB, kepolisian setempat menyatakan jumlah fans Ghana terus bertambah.

Kedatangan pendukung Ghana ke Brasil untuk mendukung permainan Asamoah Gyan selama Piala Dunia 2014. Kiprah gagal Ghana melewati babak penyisihan grup usai kalah bersaing dari Jerman dan Amerika Serikat.

Keberadaan orang Ghana terlihat di beberapa kota, antara lain Natal, Fortaleza, Brasilia. Kota-kota tersebut menjadi tempat Ghana menjalani pertandingan penyisihan.

Noerci da Silva Melo dari kepolisian federal di Caxias do Sul mengatakan dalam sepekan terakhir, 200 suporter Ghana meminta suaka. Jumlah diperkirakan akan meningkat karena fans Ghana yang memasuki Brasil diprediksi mencapai ribuan.

Mereka bisa masuk ke Brasil dengan memakai visa turis untuk menonton Piala Dunia 2014. Tak hanya dari Ghana, warga dari negara asal Afrika juga mencoba meminta suaka di Brasil.

Departemen Kehakiman Ghana akan memutuskan apakah akan mengabulkan permohonan suaka tersebut. Sambil menunggu kepastias, para pencari suaka diizinkan bekerja dan beredar di Brazil.

Kabarnya pencari suaka asal Ghana itu kebanyakan adalah umat Muslim yang melarikan diri dari konflik kekerasan antara kelompok-kelompok Muslim yang berbeda di daerah asal mereka.

Vanessa Perini Moojen dari aktivis Migran Support Center Gereja Katolik Roma mengatakan pencari suaka menghadapi situasi yang membahayakan jiwa kembali ke rumah. Para pencari suaka berkeyakinan akan mendapat pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik di Brasil.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Jhon Purba

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Ghana
  • comment
Artikel Terkait
Komentar
  • Adit Prasetyo
    Jumat, 11 Juli 2014 16:26 WIB
    Adit Prasetyo

    andai aku jadi presiden Indonesia, dan jml penduduk baru 100 juta, akan kutampung mereka.....

  • Ernest Vidal
    Jumat, 11 Juli 2014 16:12 WIB
    Ernest Vidal

    berarti brasil dinilai menjanjikan tuh untuk orang2 Ghana. tambah padat deh, semoga aja kerjanya pada bener ga ada yang jadi orang jahat

  • Maradano Iriawan
    Jumat, 11 Juli 2014 14:38 WIB
    Maradano Iriawan

    Lagi-lagi konflik bikin rakyat menderita, semoga warga Ghana ini bisa mendapatkan suaka.

  • Load More