tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Siapa Juara, Paus Fransiskus atau Paus Emeritus Benediktus XVI?

Jumat, 11 Juli 2014 15:57 WIB
Paus Fransiskus berasal dari Argentina, sedangkan Paus Emeritus Benediktus XVI berasal dari Jerman.
  • Siapa Juara, Paus Fransiskus atau Paus Emeritus Benediktus XVI?
    Internet

    Paus Fransiskus (kiri) dan Paus Emeritus Benediktus.

Ada yang unik pada final Piala Dunia Brasil 2014 antara Jerman melawan Argentina, di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Senin (14/07/14) dini hari WIB. Dua negara tersebut adalah asal dua Paus terakhir, Paus Fransiskus dan Paus Emeritus Benediktus.

Final Piala Dunia Brasil 2014 bisa disebut "perang suci", di mana Jerman dan Argentina berharap mendapat campur tangan Tuhan dari Roma. Tapi ketika Albiceleste dan Die Mannschaft saling berhadapan di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Senin (14/07/14) dini hari WIB, hanya satu tim yang akan diberkati.

Namun, hal ini tidak menghentikan penggemar Piala Dunia untuk berspekulasi tentang bagaimana dukungan Paus Fransiskus asal Argentina dan pensiunan Paus Emeritus Benediktus XVI asal Jerman. Apakah mereka akan mendukung tim dari tanah lahir mereka?

Mungkin, pada momen unik ini, para pencinta sepakbola membayangkan Paus Emeritus Benediktus XVI mengundang Paus Fransiskus untuk nonton bersama di Vatican. Sayangnya, pihak Vatikan mengatakan bahwa hal itu sangat tidak mungkin. Juru bicara Vatikan Pastor Federico Lombardi mengatakan kepada The Daily Beast bahwa dia tidak membayangkan bahwa dua Paus menonton bersama laga final Piala Dunia.

"Pertandingan ini terlalu malam untuk Paus Fransiskus," kata Lombardi, di mana laga final akan dimulai pukul 21.00 waktu Roma, itu adalah waktu tidur Paus. "Terutama Paus Emeritus, dia bukan penggemar besar olahraga."

Pada awal turnamen, Paus Fransiskus bersumpah bahwa dia tidak akan berdoa untuk Argentina untuk menang dan akan tetap netral. Tapi, ketika Argentina melawan Swiss pada fase awal turnamen, dia bergurau dengan anggota Garda Swiss bahwa "ini adalah perang." Bahkan kantor Komunikasi Vatikan membuat tweet humor dengan mengunduh kartun Paus Fransiskus sedang menonton pertandingan di belakang dua anggota Garda Swiss.

Pekan lalu, beredar tweet yang menyatakan baik Paus Fransiskus dan Paus Emeritus Benediktus XVI berdoa secara diam-diam agar negara asal mereka menjadi juara. Bahkan mereka mungkin mencoba saling menceramahi satu sama lain saat mereka menonton final bersama-sama.

Menjelang final, semakin banyak fans Argentina yang mengenakan jersey putih-biru dengan memakai topeng wajah Paus Fransiskus. Namun, semua spekulasi itu telah dibantah dan kedua Paus menegaskan akan bersikap sportif. Jadi siapa yang bakal menjadi kampiun dunia kali ini? Hanya Tuhan yang tahu.

 

 

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Yusuf Abdillah

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Argentina #Jerman
  • comment
Artikel Terkait
Komentar
  • Rio de Janero
    Jumat, 11 Juli 2014 16:15 WIB
    Rio de Janero

    ya gpp juga kan kalo paus itu akhirnya memihak..paus juga kan manusia

  • Tidak ada data lagi