tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Mayoritas Fans Brasil Pilih Dukung Jerman

Sabtu, 12 Juli 2014 07:15 WIB
Sejumlah kelompok besar suporter Brasil mengaku lebih mendukung Jerman ketimbang Argentina.
  • Mayoritas Fans Brasil Pilih Dukung Jerman
    INTERNET
Meski Brasil kalah telak 1-7 dari Jerman pada babak semifinal Piala Dunia 2014, sebagian besar pendukung timnas Brasil akan berbalik menyokong Jerman pada partai pamungkas, Minggu (13/07/14). Mereka tidak rela musuh bebuyutan, Argentina, meraih kemenangan.

Rivalitas antara Brasil dan Argentina yang berlangsung puluhan tahun membuat tuan rumah enggan mendukung Argentina pada laga final Piala Dunia Brasil 2014.

“Saya bisa mendukung semua tim, kecuali Argentina. Saya suka Pele, bukan Maradona,” kata Luiz Amorim, seorang suporter Brasil.

Walikota Rio de Janeiro, Eduardo Paes, pernah melontarkan gurauan tahun lalu bahwa dia akan berhenti menyaksikan sepakbola jika Argentina menjuarai Piala Dunia 2014.

“Jika Argentina menang, saya akan berhenti menonton sepak bola.”

Baik ajang tingkat kawasan, Copa America, hingga Piala Dunia, pertemuan keduanya nyaris selalu diwarnai tensi tinggi. Sebut saja Piala Dunia 1978, Piala Dunia 1982, dan Piala Dunia 1990.

Dari aspek individu pun, perdebatan siapa pemain terhebat tidak pernah selesai. Terutama saling singgung antara dua legenda mereka Maradona dan Pele.

“Maradona lebih hebat dari Pele,” demikian yang selalu diteriakkan para pendukung Argentina dalam setiap kesempatan, tak terkecuali pada Piala Dunia 2014.

Pendukung Brasil kemudian membalas dengan menyerukan, “Hanya Pele yang mencetak 1.000 gol!”

Atas dasar itu, sebagian besar warga Brasil tidak suka dengan Argentina.

Apalagi pertandingan final antara Jerman dan Argentina bakal digelar di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, lokasi kekalahan Brasil dari Uruguay pada final Piala Dunia 1950.

“Mereka tidak bisa menang,” kata Gabriel Tedde, seorang warga Sao Paulo. 

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Irfan Fikri

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Argentina #Brasil
  • comment
Artikel Terkait
Komentar