tag
Sepakbola

Petinggi Jubilo Iwata Datangi Persebaya

Sabtu, 12 Juli 2014 04:43 WIB
Kerjasama dengan Jubilo Iwata akan bantu Persebaya untuk kelola klub lebih modern.
  • Petinggi Jubilo Iwata Datangi Persebaya
    ISTIMEWA

    Petinggi Persebaya Surabaya dan Jubilo Iwata dalam sebuah pertemuan.

Rencana kerjasama Persebaya dengan klub J League, Jubilo Iwata kian dimatangkan. Langkah awal bahkan telah ditempuh klub yang berlaga di kasta kedua Liga Jepang itu dengan mengunjungi Persebaya. Sejumlah rancangan kerjasama dibahas kedua belah pihak pada pertemuan di Kantor Kadin Jatim, Sabtu (12/07/14).

Materi pembahasan pada pertemuan pertama ini menggagendakan pemusatan latihan, saling tukar informasi perkembangan sepakbola dan pencarian pemain muda berbakat.

Jubilo yang pernah dipoles Luiz Felipe Scolari ini diwakili langsung oleh Presiden Klub Yoshiro Takahira, Gaku Nagayoshi (Business Planning Division) dan Toshihiro Hattori (Assistant Team Director).

Mereka ditemui langsung oleh Presiden Klub Persebaya Diar Kusuma Putra, Director Business Development Persebaya Ali Affandi, manager coach Rahmad Darmawan, Asisten Manajer Amran Said Ali dan Sekretaris Tim, Rahmad Sumanjaya. Selain perwakilan Persebaya dan Jubilo, turut hadir pula Divisi Marketing J League Kei Koyama.

Menurut Ali Affandi, pihaknya berharap bisa memanfaatkan dengan maksimal kedatangan Jubilo Iwata di Indonesia.

“Mereka (Jubilo) memilih Persebaya karena menilai ada sejarah yang hampir sama. Mereka pernah menjadi raksasa Liga Jepang dan terdegradasi. Pun demikian dengan kami yang juga pernah mengalami masa berlaga di kasta kedua,” terangnya usai pertemuan.

Dia menjelaskan industri sepakbola di J League sudah lebih maju. Karena itu, Persebaya diharapkan bisa mendapat pelajaran berharga dari J League.

“Dari segi pendanaan, rata-rata klub Liga Jepang menghabiskan sekitar Rp 300 miliar per musim. Bila dibandingkan dengan sepakbola Tanah Air tentu sangat timpang. Itu karena pengelolaan industri disana sudah lebih maju dan profesional. Semoga kami bisa belajar banyak dari J League,” sebut Andi.

Pada kesempatan yang sama Officer Business Development Persebaya Agung Rizky menyatakan bakal ada pertemuan lanjutan dengan pihak Jubilo.

“Mekanismenya pertemuan lanjut akan lewat PT Liga Indonesia (PT LI), sementara Jubilo melalui pengelola J League. Rencana awalnya, akan ada agenda pada, November 2014, Februari dan Juni 2015 mendatang,” timpalnya.

Agung menyatakan Persebaya memberikan gambaran terkait tiga hal yang menjadi poin pada pertemuan dengan Jubilo. Dia menyatakan jika Jubilo merencanakan untuk melihat pemain-pemain Persebaya yang tergabung di Timnas Indonesia U-23 dan U-19.

“Pertama adalah pemantapan kunjungan Jubilo untuk training camp, menggelar laga uji coba dan scouting pemain muda di Surabaya. Sayang, rencana mereka untuk melihat pemain Persebaya di timnas batal,” jelasnya.

Untuk diketahui, selain Persebaya sudah ada dua klub Indonesia Super League yang menjajaki kerjasama dengan tim J League. Saat ini, Arema Cronus menggandeng Consadole Sapporo dan Persija Jakarta dengan Omiya Ardija.

 


Penulis : Prayogo
Editor : Raditya Adi Nugraha

Tag Terkait

#Persebaya Surabaya
  • comment
Artikel Terkait
Komentar