tag
Sepakbola
Timnas U-23 1-1 Arema Cronus

Berbagi Gol di Kanjuruhan

Minggu, 13 Juli 2014 00:58 WIB
Yandi Sofyan jadi pencetak gol Timnas U-23 saat bermain imbang dengan Arema Cronus.
  • Berbagi Gol di Kanjuruhan
    Ardiyansyah/INDOSPORT

    Hasil imbang 1-1 jadi modal Timnas U-23 jalani Tur Italia

Tim nasional Indonesia U-23 melakoni pertandingan uji coba melawan tim Arema Cronus pada Minggu (13/7/2014) malam. Dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan, Malang, kedua tim hanya mampu bermain imbang.

Tempo permainan berjalan terbuka yang ditunjukkan oleh anak asuh Aji Santoso dan anak didik Suharno-Joko Susilo. Namun, awal babak pertama tim Singo Edan mencoba menekan lini pertahanan Garuda Muda.

Menit ke-9 gelandang sayap Arema langsung menciptakan peluang setelah lepas dari jebakan offside, namun tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Andritany.

Tak butuh waktu lama, skuad Merah Putih langsung memberikan reaksi dengan membalas serangan ke pertahanan Arema di menit ke 12. Tetapi, sepakan Aldaer Makatindu belum menemui sasaran.

Bahkan sebenarnya Garuda Muda sempat menyarangkan bola ke gawang I Made Wardana di menit 18. Bola hasil sepakan striker Timnas U-23, Aldaier Makatindu gagal diantisipasi Made Wardana. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena menilai Aldaier sudah dalam posisi offside.

Menit ke-24 giliran Arema Cronus yang menciptakan peluang lewat bebas Gustavo Lopez, tapi tendangan pemain asing asal Argentina tersebut masih digagalkan Andrytani.

Seolah mendapat angin, Singo Edan terus memberikan tekanan ke area pertahanan timnas U-23. Umpan crossing jelang water break yang dilepaskan Juan Revi gagal dimaksimalkan Alberto Goncalves menjadi gol.

Pasca break, tak banyak peluang membahayakan yang diciptakan kedua tim. Hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan, kedudukan tetap imbang tanpa gol.

Mengawali babak kedua di laga uji coba ini, baik Timnas U-23 dan Arema Cronus, bermain lebih hati-hati, sehingga tidak Ada serangan membahayakan gawang kedua tim.

Namun, anak asuh Aji Santoso berhasil membuat seisi Stadion Kanjuruhan terdiam, tepat di menit 55, striker milik Arema Cronus yang dipinjamkan ke Brisbane Roar, Yandi Sofyan Munawar membawa Garuda Muda unggul 1-0. Ia sukses memanfaatkan blunder bek Arema Thierry Gathuessi.

Tak ingin malu di depan pendukungnya sendiri, Arema mencoba peruntungannya lewat Gustavo Lopez di menit 57. Tetapi, percobaan mantan pemain Persela tersebut belum menemui sasaran.

Arema pun bereaksi dengan menyegarkan barisan depannya. Pemain senior Arif Suyono dimasukkan dengan lebih dulu menarik keluar Sunarto di menit ke 60.

Pergantian yang dilakukan Arema inipun berbuah positif. Baru tiga menit menginjakkan kakinya di lapangan, Arif Suyono berhasil menjebol gawang Timnas U-23 yang dijaga Andrytani. Umpan matang gelandang Gustavo Lopez dimanfaatkan pemain yang disapa Lecen ini dengan baik.

Selepas itu, kedua tim lebih banyak melakukan pergantian pemain. Arema memasukkan sejumlah pemain cadangan dan pemain dari Arema Cronus U-21, demikian pula Timnas U-23 yang menjajal semua penggawanya.

Meski sebenarnya, Timnas U-23 membuat gol melalui Ramdani Lestaluhu dimenit 88. Tapi untuk kedua kalinya gol Timnas U-23 dianulir karena dianggap offside.

Pasca itu, tidak ada peluang membahayakan. Dan pertandingan uji coba berakhir dengan hasil imbang 1-1. Uji coba ini, bagi Timnas U-23 digunakan untuk pemantaban tim sebelum melawat ke Italia untuk melakoni tiga uji melawan As Roma, Cagliari dan Lazio.


Editor : Raditya Adi Nugraha

  • comment
Artikel Terkait
Komentar