tag
Sepakbola
Analisa Indra Sjafri

Pertarungan Dua Benua

Minggu, 13 Juli 2014 22:31 WIB
Indra Sjafri unggulkan Jerman yang lebih unggul dari berbagai catatan statistik.
  • Pertarungan Dua Benua
    Ardiyan

    Indra Sjafri jagokan Jerman jadi kampuin Piala Dunia.

Minggu (13/07/14), Partai puncak Final Piala Dunia Brasil 2014 akan tersaji dengan mempertemukan dua tim terbaik di partai final. Dua tim dari benua Eropa-Jerman akan beradu gengsi dengan wakil dari Benua Amerika-Argentina pada Senin dini hari nanti.

Kedua tim melangkah ke partai final setelah melalui rintangan masing-masing. Jerman ke final setelah mempermalukan tuan rumah Brasildengan skor, 7-1. Sementara, Argentina harus menyingkirkan Belanda melalui drama adu penalti.

"Jika Jerman terlarut dalam keberhasilannya di semifinal akan berbahaya. Sebaliknya Argentina waspada penuh setelah susah payah mengalahkan Brasil," kata Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri.

Laga final ini praktis menjadi ulangan partai final PIala Dunia Meksiko tahun 1986, menurutnya akan menarik dengan permainan berkualitas dari kedua tim.

"Jika melihat statistik penampilan kedua tim, Jerman lebih baik, mereka menghancurkan Portugal, jadi tim asuhan Joachim Loew ini tim yang sangat siap untuk turnamen," bebernya.

Sementara disisi lain, Indra menilai Argentina harus susah payah mulai sejak babak penyisihan. Selisih gol yang selalu tipis mengindikasikan bahwa Argentina harus selalu memeras keringat hingga melaju ke babak final.

"Jerman dengan mengoleksi 17 gol sepanjang turnamen, bandingkan dengan Argentina yang hanya mengoleksi 7 gol. Fakta lainnya, gol-gol Jerman dicetak pemain dari semua lini, Kalau Argentina hanya mengandalkan Messi, Di Maria dan Higuain," urainya.

"Data statistik lainnya juga menunjukkan keunggulan timnas Jerman. Jumlah shot, penguasaan bola hingga akurasi passing dikuasai oleh Jerman," sebutnya.

Sehingga, Ia menyimpulkan Phillip Lahm dan kolega lebih variatif dalam melakukan penyerangan.

"Modifikasi total football sudah fasih diterapkan timnas Jerman. Mereka begitu nyaman menyerang dari sayap ataupun dari tengah. Passing game masih menjadi salah satu andalan mereka dalam menyerang," jelas ia.

Indra menambahkan, meski tampil menyerang, Jerman toh tetap tidak melupakan lini pertahananya.

"Pertahanan Jerman merupakan salah satu lini pertahanan tersolid sepanjang turnamen ini. Ditambah dengan penampilan Neuer yang memberikan rasa nyaman bagi para pemain Jerman," ucap pria berdarah Minang itu.

Sebaliknya, Ia membeberkan, strategi menyerang Argentina yang mengandalkan kecepatan, yang memadukan Di  Maria dan Messi bisa memunculkan ancaman bagi Jerman.

Namun, Jerman kembali diuntungkan mengenai waktu recovery fisik pemain.

"Timnas Jerman punya satu hari lebih banyak memulihkan kondisi fisiknya. Di semifinal, Jerman juga tidak banyak mengeluarkan keringat ketika melawan Brasil," tambah dia.

Tetapi tidak demikian dengan Argentina, mereka menguras tenaga karena harus bermain hingga adu penalti melawan Belanda

"Kondisi fisik akan menjadi salah satu faktor penentu tim yang akan keluar sebagai juara. Jerman yang lebih fresh tentu saja lebih banyak diuntungkan," pungkasnya.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Ardiyansyah
Editor : Raditya Adi Nugraha

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Argentina #Jerman
  • comment
Artikel Terkait
Komentar