tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Pesan Terakhir Van Gaal untuk De Oranje

Minggu, 13 Juli 2014 15:25 WIB
Louis van Gaal mengungkapkan kata-kata perpisahan kepada skuad Belanda usai Piala Dunia Brasil 2014.
  • Pesan Terakhir Van Gaal untuk De Oranje
    GETTY IMAGES
Minggu (13/07/14), Louis van Gaal mengungkapkan kata-kata perpisahan kepada skuad Belanda setelah membawa timnya merebut juara ketiga Piala Dunia Brasil 2014 usai mengalahkan Brasil di Stadion Nacional Mane Garrincha, Brasilia.

Datang ke Piala Dunia Brasil 2014, skuad besutan Louis Van Gaal mendapat banyak kritikan dari kalangan pengamat. Van Gaal banyak membawa pemain muda yang minim pengalaman seperti Daley Blind dan Georginio Wijnaldum dengan mengkombinasikan pemain-pemain berpengalaman sekelas Robin van Persie dan Arjen Robben.

Hasilnya, Van Gaal pun gagal mempersembahkan trofi Piala Dunia Brasil 2014 untuk Belanda. Tapi kemampuan pelatih 62 tahun itu membawa tim Oranye meraih juara ketiga pada turnamen empat tahunan itu patut mendapat acungan jempol.

Apalagi pemain-pemain muda seperti Blind, Wijnaldum, Bruno Martins Indi, hingga Memphis Depay tampil mengesankan. Van Gaal memuji skuad Belanda asuhannya saat ini sebelum pergi ke Manchester United. Menurutnya skuad Belanda saat ini sebagai skuad terbaik dari yang pernah dia tangani.

"Akan selalu ada tempat di hati saya untuk 23 pemain dan anggota staf saya. Jika Anda harus bekerja bersama selama lebih dari sembilan pekan dan mereka berkonsultasi dengan saya setiap hari, orang-orang tersebut layak mendapat pujian. Mereka orang-orang hebat, tapi pemain saya yang lebih hebat," ungkap Van Gaal.

"Saya berharap skuad di Manchester United akan menjadi seperti ini. Kami semua harus menyanyi dari buku nyanyian rohani yang sama di Inggris. Setidaknya, kami berharap begitu. Semua yang dilakukan dengan baik akan berakhir dengan baik," sambung Van Gaal seperti dikutip ESPN.

Setelah dari Brasil, Van Gaal akan terbang ke Manchester untuk mempersiapkan pramusim Wayne Rooney dan kawan-kawan. Sedangkan posisinya di timnas Belanda akan digantikan kompatriotnya Guus Hiddink.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Irfan Fikri

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Belanda #Louis van Gaal
  • comment
Artikel Terkait
Komentar