tag
Sepakbola
Brasil 0-3 Belanda

Tim Samba Kembali Dipermalukan Tim Eropa

Minggu, 13 Juli 2014 04:55 WIB
Belanda permalukan Brasil tiga gol tanpa balas di perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2014.
  • Tim Samba Kembali Dipermalukan Tim Eropa
    GETTY IMAGES

    Gol penalti Robin van Persie

  • Tim Samba Kembali Dipermalukan Tim Eropa
    GETTY IMAGES
  • Tim Samba Kembali Dipermalukan Tim Eropa
  • Tim Samba Kembali Dipermalukan Tim Eropa
Brasil kembali dipermalukan oleh tim Eropa usai dibantai Belanda tiga gol tanpa balas, pada partai perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2014 di Estadio Nacional, Brasilia, Minggu (13/07/14) dini hari WIB.

Belanda akhirnya memastikan untuk menduduki peringkat tiga di Piala Dunia 2014 usai mempermalukan tuan rumah Brasil dengan skor 0-3 di Estadio Nacional, Brasilia, Minggu (13/07/14) dini hari WIB.

Baru dua menit laga berjalan di babak pertama, Brasil langsung mendapat petaka setelah Thiago Silva melanggar Arjen Robben di area terlarang. Berawal dari umpan terobosan Robin van Persie, Robben yang merangsek masuk ke dalam kotak penalti dijatuhkan oleh Silva.

Eksekusi Robin van Persie dapat berjalan sempurna setelah bola dengan mulus menembus pojok sisi kiri gawang Julio Cesar di menit ke-3. Skor 1-0 untuk keunggulan De Oranje.

Kebobolan satu gol membuat Brasil merespon melalui tekanan dari sisi kiri. Maxwell yang melaju cepat dari sisi kiri melepaskan umpan silang, namun Ramires masih belum mampu memaksimalkan bola.

Alih-alih membalas kedudukan, Selecao kembali menerima pil pahit setelah Belanda sukses menambah skor di menit ke-16 melalui Daley Blind yang memanfaatkan bola pantulan David Luiz. Dengan tenang, Blind mampu melepaskan sepakan keras ke dalam gawang Cesar.

Tertinggal dua gol, Brasil langsung menerapkan penyerangan cepat. Oscar mendapatkan dua kali peluang, namun ketatnya pertahanan Belanda membuat pemain Chelsea itu belum mampu menghasilkan gol.

Brasil yang bermain dengan intensitas serangan tinggi, hingga saat ini masih mengalami kesulitan untuk mencari celah di lini belakang Belanda, sementara De Oranje lebih banyak menunggu untuk melakukan serangan balik.

Hingga wasit meniup peluit jeda, skor 2-0 tetap bertahan untuk keunggulan Belanda.

Pada babak kedua, Brasil langsung memberikan ancaman ke pertahanan Jerman. Tim Samba memiliki peluang lewat Ramires, namun penetrasi sendirian ke dalam kotak penalti itu masih mampu dihalau Stefan de Vrij.

Tuan rumah terus memberikan tekanan ke pertahanan Belanda, namun disiplinnya lini belakang De Oranje membuat Brasil semakin frustasi. Beberapa peluang dari anak asuh Scplari itu belum mampu menjebol gawang Jasper Cillessen.

Buruknya pertahanan Brasil menjadi petaka di akhir pertandingan setelah Belanda kembali menambah gol di menit 91. Georginio Wijnaldum yang memaksimalkan umpan Daryl Jamaat sukses menjebol gawang Cesar untuk ketiga kalinya.

Meski Brasil terus berupaya membalas skor, namun hingga wasit meniup peluit akhir laga, skor 0-3 untuk keunggulan Belanda tetap bertahan. Kemenangan itu memastikan Van Persie dkk merebut tempat ketiga di Piala Dunia 2014.

 

Brasil 0-3 Belanda

Estadio Nacional, Brasilia

Pencetak gol:  Van Persie (3), Blind (16), Wijnaldum (91)

 

Susunan Pemain

Brasil: 12-Julio Cesar; 23-Maicon, 3-Thiago Silva, 4-David Luiz, 14-Maxwell; 16-Ramires (Hulk 73), 17-Luiz Gustavo (Fernandinho 46), 8-Paulinho (Hernanes 57); 19-Willian, 11-Oscar; 21-Jo
Pelatih: Luiz Felipe Scolari

Belanda: 1-Jasper Cillessen (Michel Vorm 93); 3-Stefan de Vrij, 2-Ron Vlaar, 4-Bruno Martins Indi; 15-Dirk Kuyt, 20-Georginio Wijnaldum, 16-Jordy Clasie (Joel Veltman 90), 5-Daley Blind (Daryl Janmaat 70); 20-Jonathan de Guzman; 11-Arjen Robben, 9-Robin van Persie
Pelatih: Louis van Gaal

Wasit: Djamel Haimoudi (Aljazair)

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Abinery Hamzano

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Belanda #Brasil
  • comment
Artikel Terkait
Komentar