tag
Sepakbola
Brasil 0-3 Belanda

Van Gaal Puji Mentalitas Belanda

Minggu, 13 Juli 2014 10:33 WIB
Louis van Gaal puji kebangkitan Belanda saat mengalahkan Brasil 3-0 di Piala Dunia 2014.
  • Van Gaal Puji Mentalitas Belanda
    GETTY IMAGES
  • Van Gaal Puji Mentalitas Belanda
    INDOSPORT
  • Van Gaal Puji Mentalitas Belanda
  • Van Gaal Puji Mentalitas Belanda
Pelatih Louis van Gaal memuji mental bermain Belanda ketika mengalahkan Brasil 3-0 pada perebutan tempat ketiga di Nacional Mane Garrincha, Brasilia, Minggu (13/07/14) dini hari WIB. Sebelumnya tim Oranye disingkirkan Argentina melalui adu penalti di semifinal.

Kekalahan Belanda dari Argentina pada babak semifinal Piala Dunia Brasil 2014 sangat menyakitkan. Skuad asuhan Louis van Gaal itu tersingkir melalui babak adu penalti. Namun hasil itu tidak membuat mental Robin van Persie runtuh saat menghadapi tuan rumah Brasil dalam laga perebutan tempat ketiga.

Melawan Brasil, Belanda secara mengejutkan langsung bermain terbuka. Hasilnya laga baru berjalan tiga menit Van Persie membawa Belanda unggul 1-0 melalui sepakan penalti. Brasil, yang masih diselimuti duka usai dibantai Jerman 1-7, semakin tenggelam ketika Daley Blind menambah kedudukan menjadi 2-0, dan kembali kebobolan di akhir laga melalui gol Georginio Wijnaldum.

"Ini sangat sulit bagi kami. Semua kesempatan melawan kami, Brasil punya waktu persiapan lebih dari kami, dan kami dikalahkan melalui babak adu penalti," kata Van Gaal kepada NOS.

"Kami bisa saja ke final. Semangat kami turun setelah kalah dari Argentina. Ketika bersama tim, saya hanya berbicara tentang pertandingan Brasil, bukan tentang Argentina. Untungnya, sekali lagi kami menunjukkan seberapa hebatnya kami," sambung Van Gaal.

"Ini adalah tim terbaik yang pernah saya tangani. Kami mencetak lebih dari dua gol per pertandingan dan hanya kebobolan empat gol. Permainan Brasil selalu bersahabat dengan kami, setiap kali kami bertemu mereka selalu seperti itu," tutup pelatih 62 tahun itu.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Irfan Fikri

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Belanda #Louis van Gaal #Brasil
  • comment
Artikel Terkait
Komentar