tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Ada Italia di Duel Final Jerman-Argentina

Senin, 14 Juli 2014 11:12 WIB
Nicola Rizzoli pimpin pertandingan final Piala Dunia Brasil 2014.
  • Ada Italia di Duel Final Jerman-Argentina
    GETTY IMAGES

    Wasit Nicola Rizzoli dari Italia.

Final Piala Dunia Brasil 2014 dipimpin wasit asal Italia Nicola Rizzoli. Laga pamungkas itu menjadi milik Jerman usai mengalahkan Argentina dengan skor 1-0 melalui babak perpanjangan waktu di Stadion Maracana, Senin (14/07/14) dini hari WIB.

Timnas Italia boleh saja tergusur sejak fase grup Piala Dunia Brasil 2014. Gli Azzurri Italia hanya finish pada posisi ketiga Grup D dengan tiga poin, hasil kemenangan dari Inggris. Skuad Cesare Prandelli kalah bersaing dari Kosta Rika dan Uruguay untuk melaju ke putaran 16 besar.

Namun nuansa negeri pizza tetap terasa di partai final saat Jerman melawan Argentina di Rio de Janeiro. Ya, laga yang dimenangkan Jerman berkat gol Mario Goetze pada menit ke-113 dipimpin wasit Italia Nicola Rizzoli.

Wasit 42 tahun itu memimpin duel Jerman dan Argentina dengan bantuan dua kompatriotnya yang bertugas sebagai hakim garis, yaitu Renato Faverani dan Andrea Stefani. Di pertandingan final tersebut, nama Carlos Vera dan Christian Lescano dari Ekuador sebagai ofisial keempat dan kelima.

Sebelum final Piala Dunia Brasil 2014, Rizzoli juga memimpin pertandingan penyisihan grup antara Spanyol melawan Belanda dan Nigeria kontra Argentina. Juga memimpin pertandingan perempatfinal ketiga Argentina bersua Belgia.

Rizzoli juga pernah memimpin laga final Liga Europa 2010 dan final Liga Champions 2013. Pria yang berprofesi sebagai arsitek itu adalah wasit Italia ketiga yang memimpin laga final Piala Dunia, setelah Sergio Gonella pada 1978 dan Pierluigi Collina pada 2002.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Jhon Purba

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Italia
  • comment
Artikel Terkait
Komentar