tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Golden Ball Lionel Messi Dipertanyakan

Senin, 14 Juli 2014 08:21 WIB
Lionel Messi terpilih meraih golden ball oleh Panitia Teknis FIFA, bukan oleh media.
  • Golden Ball Lionel Messi Dipertanyakan
    GETTY IMAGES

    Lionel Messi (kanan) memegang trofi golden ball.

Keputusan FIFA memberikan penghargaan Golden Ball Piala Dunia 2014 kepada penyerang Argentina Lionel Messi menuai banyak kritikan di berbagai tempat, salah satunya dari bekas kapten Inggris Rio Ferdinand, Senin (14/07/14).

Rio mengkritik golden ball buat Messi berdasarkan performa Messi selama Piala Dunia 2014. Messi sempat menunjukkan grafik yang menjanjikan kala tampil baik di fase grup dengan mencetak empat gol dalam tiga pertandingan melawan Bosnia, Iran dan Nigeria.

Kebintangan Messi seakan memudar saat Argentina bertarung di putaran selanjutnya, seperti saat melawan Swiss, Belgia dan Belanda. Terakhir bersua Jerman di partai puncak.

Di final melawan Jerman yang berakhir kekalahan 0-1 untuk Argentina, Messi terlihat bermain sendirian di lapangan tanpa banyak melibatkan rekan setim untuk mencipta peluang.

Di akhir pertandingan dan pesta Piala Dunia 2014, Messi terpilih untuk meraih penghargaan Adidas golden ball. Messi Mengalahkan pesaing yang perannya jauh lebih mencolok, seperti gelandang Kolombia James Rodriguez, sayap Belanda Arjen Robben atau trio dari Jerman, yaitu kiper Manuel Neuer, gelandang Bastian Schweinsteiger dan Thomas Mueller.

Terpilihnya Messi menimbulkan persepsi beragam. Messi yang tidak lain merupan duta Adidas dicibir mendapat diberikan perlakuan istimewa untuk menerima penghargaan tersebut.

"Saya lebih memilih James Rodriguez. Dia bermain dengan sangat menarik, lebih menyerang dan telah membuat banyak kejutan. Messi mampu menghadirkan beberapa momen ajaib, tetapi dia butuh tampil konsisten," kritik Rio Ferdinand.

Spekulasi akan terus berkembang setelah diketahui untuk pertama kali mekanisme pemilihan diputuskan oleh Panitia Teknis FIFA. Bukan oleh media seperti yang telah dilakukan dalam pagelaran Piala Dunia sebelumnya.

Pelatih Argentina Alejandro Sabella mendukung Messi. Sabella mengatakan Messi pantas mendapat golden ball Piala Dunia 2014 karena dianggap lebih baik daripada gelandang Jerman Thomas Muller dan winger Belanda Arjen Robben.

Sabella memastikan Messi merupakan pemain paling penting di Argentina. Peran Messi bagi Argentina sangat vital hingga mencapai partai final.

"Piala Dunia ini adalah turnamen yang sangat berat dan menghabiskan fisik. Messi sudah sejajar dengan semua pemain terbaik dunia. Dia layak mendapatkan golden ball karena dia menjalani Piala Dunia dengan laur biasa," dukung Sabella.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Zaenudin Firdaus
Editor : Jhon Purba

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #FIFA #Lionel Messi
  • comment
Artikel Terkait
Komentar