tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Messi Raih Golden Ball, Maradona: Itu Bisnis

Senin, 14 Juli 2014 19:41 WIB
Diego Maradona menilai Golden Ball milik Lionel Messi hanya strategi bisnis.
  • Messi Raih Golden Ball, Maradona: Itu Bisnis
    GETTY IMAGES

    Lionel Messi terpilih meraih golden ball oleh Panitia Teknis FIFA

Lionel Messi gagal membawa Argentina menjuarai Piala Dunia Brasil 2014, tapi dia dinobatkan pemain terbaik dengan penghargaan Golden Ball. Terkait penghargaan itu, Senin (14/07/14), Diego Maradona bepikir bahwa penghargaan yang diterima El Messiah itu hanya sebuah strategi bisnis.

Ekspresi sedih terpampang jelas di wajah Lionel Messi usai Argentina dikalahkan Jerman 0-1 melalui perpanjangan waktu pada final Piala Dunia Brasil 2014 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro. Meskipun Messi mendapatkan hadiah hiburan Golden Ball, rasa penyesalan masih terlihat di wajah pemain Barcelona itu.

Messi dinobatkan Golden Ball berdasarkan kinerjanya membawa Argentina melaju hingga ke final. Pemain 27 tahun itu mencetak empat gol dari tiga laga fase grup, dan membuat assist untuk gol semata wayang Angel di Maria ke gawang Swiss pada babak 16 besar.

Namun menurut legenda sepakbola Argentina, Diego Maradona, penghargaan yang diberikaan Messi itu berbau bisnis. Hal itu, kata Maradona, adalah salah satu rencana pemasaran dari Adidas, yang merupakan sponsor Messi dan sponsor besar Piala Dunia Brasil 2014.

"Kasihan sekali, saya akan memberikan Messi surga jika itu mungkin. Tapi itu tidak adil ketika para pebisnis ingin memberikannya sesuatu yang tidak dia menangkan," ungkan Maradona seperti dikutip AS.

Selain Messi, pemain yang dinominasikan akan mendapatkan Golden Ball adalah James Rodriguez (Kolombia), Arjen Robben (Belanda), dan Thomas Mueller (Jerman).

Maradona juga mengungkapkan kekecewaanya melihat Argentina gagal kembali menjadi juara Piala Dunia. Albiceleste terakhir kali menjadi juara saat Maradona masih aktif bermain pada Piala Dunia Meksiko 1986.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Argentina #Lionel Messi
  • comment
Artikel Terkait
Komentar