tag
Sepakbola

Dejan Antonic Keberatan Pembatasan Pemain Asing‏ ISL

Selasa, 15 Juli 2014 20:54 WIB
Pelatih PBR, Dejan Antonic, menolak kebijakan pembatasan pemain asing di Liga Super Indonesia musim depan.
  • Dejan Antonic Keberatan Pembatasan Pemain Asing‏ ISL

    Dejan Antonic (Pelatih PBR)

Selasa (15/07/14), Pelatih Pelita Bandung Raya (PBR), Dejan Antonic, mengaku keberatan dengan aturan baru yang dikeluarkan PT Liga Indonesia terkait pembatasan penggunaan pemain asing di Liga Super Indonesia (ISL) musim depan.

Antonic menilai, penggunaan pemain asing idealnya adalah empat orang (tiga dari Eropa dan satu Asia). Sebabnya, menurut dia, itu sesuai dengan perarutan AFC, di mana semua tim mancanegara sekalipun menggunakan empat pemain asing.

"Saya tidak mau bilang apakah bagus atau tidak dengan aturan baru jumlah pemain asing musim depan tapi seharusnya memang empat pemain asing lebih bagus karena tim luar juga empat. Kalau tiga, kita rugi," ujar Dejan Antonic, Selasa.

Kerugian itu, lanjut Antonic, jika klub Indonesia menjalani laga AFC Cup atau Liga Champions Asia. Tim-tim dari mancanegara menggunakan empat pemain asing, sementara klub Indonesia hanya menggunakan tiga legiun asing.

"Di Hong Kong saja bisa lima sampai delapan pemain asing setiap klub, tapi tetap yang main hanya empat. Kalau kita hanya tiga pemain asing jelas sangat rugi untuk kita, apalagi kalau main di AFC atau liga Champions," tutur Antonic.

Dengan begitu, dia kembali mengatakan, kehadiran empat pemain asing di setiap klub dapat membantu pemain lokal yang ada, dengan catatan pemain-pemain asing yang hadir memberikan contoh bagus dan benar.

"Saya khawatir juga kalau hanya tiga pemain asing, akan tidak bagus untuk sepakbola Indonesia. Mungkin hanya tim Arema yang bagus dan bisa main di AFC Cup atau Liga Champions karena pemain lokalnya bagus-bagus," tambah Dejan Antonic.

Sebaliknya, Manajer PBR, Rawindra Ditya justru menyambut positif aturan baru kuota pemain asing ISL musim depan. Dengan pengurangan pemain asing, kata Rawindra, setiap klub memiliki keuntungan terutama dalam hal finansial.

"Kalau kami justru malah bersyukur dengan adanya aturan pengurangan pemain asing dan saya rasa tiga sudah cukup, kalau empat terlalu banyak. Dengan tiga pemain asing, kesempatan pemain lokal untuk bersaing lebih besar," kata Windra.

PBR sendiri, kata dia, pernah melakukan perekrutan pemain asing hingga lima orang. Namun, hanya beberapa pemain asing yang bermain maksimal.

"Jadi, kalau tiga pemain asing saya pikir maksimal. Saya sangat menyambut positif keputusan itu. Kompetitif di pemain lokal akan semakin bagus," tandas Windra.


Penulis : Ginanjar
Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Pelita Bandung Raya #Dejan Antonic
  • comment
Artikel Terkait
Komentar