tag
Sepakbola

Paus Fransiskus Bersikap Dingin Atas Kekalahan Argentina

Selasa, 15 Juli 2014 11:34 WIB
Paus Fransiskus tak menyaksikan laga final Piala Dunia meski cenderung mendukung Argentina.
  • Paus Fransiskus Bersikap Dingin Atas Kekalahan Argentina
    INTERNET
Paus Fransiskus tidak menyaksikan tayangan laga final antara Argentina melawan Jerman di Piala Dunia 2014. Pemimpin umat Katolik sedunia itu juga memandang netral saja atas kekalahan Argentina 0-1 atas Jerman, Selasa (15/07/14).

Kepala rumah tangga Vatikan, Guillermo Karcher, mengatakan bahwa Paus Fransiskus menggemari sepakbola, termasuk dengan dengan timnas Argentina, ia bahkan mengantongi kartu anggota sebuah klub sepakbola di Argentina, San Lorenzo.

"Paus senantiasa mengikuti Piala Dunia, meski ia jarang menyaksikan laga-laga yang digelar. Itu dengan pertimbangan agar netralitas tetap dijaga," kata Karcher, sebagaimana diwartakan radio Argentina del Plata.

Karcher juga menyatakan, bahkan awalnya Paus yang juga berasal dari Argentina ini tidak mengetahui secara persis mengenai laga final, dengan hasil Jerman mengalahkah Argentina 1-0 lewat perpanjangan waktu, jika ajudannya tidak memberi informasi.

"Kami terus menginformasikan hasil pertandingan kepada dia,” jelas ia.

Karcher juga berasal dari Argentina. Ia telah lama bekerja bersama dengan Paus Fransiskus, yang memiliki nama asli Jorge Bergoglio.

Sebelumnya, Paus Fransiskus menggarisbawahi pentingnya menegakkan prinsip netralitas dalam menghadapi setiap pertandingan di Piala Dunia.

"Laga-laga yang digelar selama Piala Dunia membawa pertemuan dua masyarakat dari dua negara yang berbeda. Kedua tim dari negara yang berlaga itu juga berbeda dalam agama. Diharapkan bahwa olah raga dapat mempromosikan dan menciptakan kebersamaan,” tulis ia dalam akun twitternya @pontifex.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Irfan Fikri

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Argentina #Lionel Messi
  • comment
Artikel Terkait
Komentar