tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Scolari Resmi Tinggalkan Kursi Pelatih Brasil

Selasa, 15 Juli 2014 07:42 WIB
Luis Felipe Scolari memutuskan mundur melatih Brasil.
  • Scolari Resmi Tinggalkan Kursi Pelatih Brasil
    GETTY IMAGES

    Luis Felipe Scolari.

Luis Felipe Scolari akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan pelatih tim nasional Brasil setelah gagal mengantarkan negaranya menjuarai Piala Dunia Brasil 2014, Selasa (15/07/14).

Setelah diisukan bakal segera mundur, Scolari akhirnya secara resmi menyatakan berhenti melatih Brasil setelah kegagalan Brasil di Piala Dunia 2014. Beragam kriti terus menerpa pelatih 65 tahun tersebut usai Brasil disingkirkan Jerman di semifinal dengan skor 1-7.

Kekalahan 1-7 ini menjadi sejarah kelam terburuk pertama Brasil di ajang kompetitif dalam 39 tahun terakhir. Kinerja Scolari makin melorot dengan kegagalan Brasil di pertandingan penghiburan dalam perebutan tempat ketiga saat keok 0-3 dari Belanda.

"Pelatih Luiz Felipe Scolari dan seluruh staf pelatih menyerahkan posisi mereka kepada Federasi Sepakboal Brasil (CBF). Scolari dan seluruh staf pantas mendapatkan respek dan terima kasih kami. Mereka yang bertanggung jawab atas kembalinya cinta orang-orang Brasil kepada tim, meski gagal mencapai tujuan terbesar kita," demikian pernyataan CBF.

Kontrak Scolari dengan Federasi Sepakbola Brasil akan berakhir bulan depan, namun mantan pelatih Portugal di Piala Eropa 2004 itu memilih untuk tidak memperpanjang masa jabatannya. Scolari pertama kali menjadi pelatih Brasil pada 2001 dan sukses memberi trofi Piala Dunia 2002 usai menekuk Jerman dengan skor 2-0 di Yokohama, Jepang. Bersama Brasil, Scolari juga menjuarai Piala Konfederasi 2013.

Setelah meninggalkan Brasil, Scolari mencoba peruntungan ke Eropa. Scolari pernah melatih Portugal dan sempat merasakan kerasnya Liga Inggris ketika membesut Chelsea.


Penulis : Zaenudin Firdaus
Editor : Jhon Purba

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Luiz Felipe Scolari #Brasil
  • comment
Artikel Terkait
Komentar