tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Jerman Dianggap Terlalu Sombong

Kamis, 17 Juli 2014 09:00 WIB
Jerman dianggap lupa diri dan sombong karena memperolok-olok tim lain saat pesta kemenangan.
  • Jerman Dianggap Terlalu Sombong
    GETTY IMAGES
  • Jerman Dianggap Terlalu Sombong
    GETTY IMAGES
  • Jerman Dianggap Terlalu Sombong
  • Jerman Dianggap Terlalu Sombong
Sejumlah pengamat sepakbola menyesalkan tindakan Jerman yang mengolok-olok Argentina pada pesta kemenangan Piala Dunia di Berlin, Jerman. Sejumlah media Jerman bahkan menilai selebrasi murahan itu menciderai status Jerman sebagai juara dunia, Kamis (17/07/14).

Para pemain timnas Jerman, termasuk Mario Goetze, pencetak gol penentu kemenangan atas Argentina, melakukan ejekan baik dari gerakan meupun kata-kata yang dilakukan di panggung Gerbang Brandenburg, Berlin, Jerman di depan ratusan ribu penggemar.

"Beginilah para gaucho (Argentina) berjalan, jalan para gaucho seperti ini," seru mereka dalam nyanyian,” ucap mereka.

”Lalu, beginilah orang Jerman berjalan. Orang Jerman berjalan seperti ini," lalu bergerak memutar panggung sambil saling berpegangan.

Kata "gaucho" adalah sama dengan istilah "koboy" di Amerika Selatan.

Sejumlah media Jerman menyebut atraksi itu adalah bentuk selebrasi murahan dan mengaburkan sikap citra tim Jerman di mata dunia.

"Kerendahan hati Jerman habis. Suka cita mereka tidaklah cukup, mereka hanya memuaskan diri ketika menyiksa lawan yang kalah dan masih berduka," tulis koran tersebut.

"Perayaan kemenangan di Gerbang Brandenburg berubah menjadi gol bunuh diri raksasa," tulis harian Jerman Frankfurter Allgemeine Zeitung.

Kritik tersebut menyulut debat online dalam di Twitter dalam hashtag #gauchogate, dengan banyak yang menyerang dan sebagian ada yang membenarkan. 

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Irfan Fikri

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Argentina #Jerman
  • comment
Artikel Terkait
Komentar