tag
Sepakbola

RD Jajal Skema Anyar untuk Pupo

Kamis, 17 Juli 2014 00:05 WIB
Rahmad Darmawan nilai Isaac Pupo masih bisa tampil maksimal.
  • RD Jajal Skema Anyar untuk Pupo
    Ardiyansyah/INDOSPORT

    Rahmad Darmawan terus uji skema terbaru Persebaya.

Kamis (17/07/14), Persebaya sukses menggilas Persebo Bondowoso dalam laga uji coba di lapangan Brigif-1 Marinir, Juanda, dengan skor 4-0, Rabu (16/07/14) sore. Namun bukan hasil yang memuaskan manager coach Rahmad Darmawan. Berjalannya skema anyar 4-3-1-2, membuat RD bisa optimal memfungsikan Issac Pupo.

Playmaker baru yang juga anggota skuad Timnas Liberia ini, jadi faktor utama pola serangan Bajul Ijo lebih tertata. Servis terukurnya diharap bisa memanjakan duet striker Greg Nwokolo dan Emanuel 'Pacho'Kenmogne di sisa kompetisi ISL musim ini.

Tak heran, RD begitu berharap Pupo bisa memecah minimnya kreasi serangan dari tengah.  Sebelumnya pola baru itu sudah dijajal RD saat meladeni Persebaya U-21, beberapa hari lalu. Hasilnya, cukup memberi dampak pada agresifitas dan variasi serangan.

Saat meladeni Gerbong Maut, julukan tim Divisi Utama tersebut pada laga yang berlangsung 2 x 35 menit, kran gol Persebaya dibuka pada menit ke-12 melalui M. Ilham. Dia memanfaatkan through pass Pupo. Enam menit kemudian, eksekusi penalti Emmanuel ‘Pacho’ Kenmogne sukses menggetarkan jala gawang Persebo.

Di paruh kedua, Pacho menambah pundi golnya usai mencetak angka di menit ke-50. Pada menit ke-62, Persebaya memperbesar skor lewat heading pemain Persebaya U-21, Danu Saputra. Keunggulan empat gol untuk Persebaya tetap bertahan hingga laga berakhir.

“Uji coba ini untuk memaksimalkan pola baru 4-3-1-2. Ini yang kami terus drill ke para pemain, kami ingin lebih banyak variasi. Apalagi dengan masuknya Pupo yang ingin kami maksimalkan kemampuannya,” ujar RD.

“Dibandingkan sesi latihan sebelumnya, Pupo menurun. Tetapi, secara keseluruhan fungsi dia memberikan umpan cukup bagus. Pupo saya rasa pemain yang punya kualitas dengan passing bagus. Tinggal beradaptasi dengan rekan-rekan tim yang lain,” sambung mantan arsitek Arema Cronus ini.

Tren positif ini diharapkan RD kian matang ketika menjalani dua agenda uji tanding lagi sebelum jeda kompetisi berakhir. Untuk diketahui, Bajul Ijo dijadwalkan meladeni Pusamania Borneo FC (21/07/14) dan PS Mojokerto Putra (24/07/14).

“Untuk setiap pola yang efisien pasti suatu saat terpakai, terutama dipakai saat away. Tapi untuk home, skema 4-4-2 masih paten. Secara keseluruhan sudah tune ini dengan pola baru,” tandasnya


Penulis : Prayogo
Editor : Raditya Adi Nugraha

Tag Terkait

#Persebaya Surabaya
  • comment
Artikel Terkait
Komentar